Share

Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen Milik Cyclist Korea

Kukuh Setiawan, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 43 1385946 etape-pertama-tour-de-banyuwangi-ijen-milik-cyclist-korea-s3c3alPvh2.jpg Dong Hyun Shin (Foto: Kukuh Setyawan/Okezone)

BANYUWANGI - Etape pertama International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 menjadi milik Dong Hyun Shin. Pembalap Korea yang tergabung dalam tim LX-IIBS Cycling Team itu memenangi adu sprint di akhir rute Glenmore-Taman Blambangan.

Dalam rute sepanjang 171,4 km, Dong Hyun sejatinya tidak tampil agresif. Dong Hyun melahap rute tersebut dengan catatan waktu 3 jam, 58 menit dan 38 detik. Posisi kedua ditempati Ma Guangtong dari Wisdom Hengxiang Cycling Team.

Pembalap Indonesia yang memperkuat Custom Cycling Team, Rully Ibnu Faroka, harus puas di posisi ketiga. Di awal balapan, pembalap Timnas Indonesia Rastra Patria sempat memimpin. Namun keunggulan ini tak berlangsung lama karena dia langsung ditangkap rombongan besar.

Persaingan ketat di rombongan utama berlangsung hingga sembilan kilometer awal balapan. Mereka saling buka dan menutup manuver hingga akhirnya ada 14 rombongan kecil yang melepaskan diri dan menjadi leader.

Ke-14 pembalap tersebut adalah, Dadi Suryadi (Terengganu), Choon Huat Goh (Terengganu), Patrick Sharpe (St George Merida), Jason Christie (Kenyan Riders Downunder), Nathan Elliott (Kenyan Riders Downunder), Fito Prilanji (Pegasus).

Guangdong Ma (Wisdom Hengxiang), Meng Yan (Wisdom Hengxiang), Park Sanghong (LX-IIBS), Thavone Phonasa (Black Inc), Rien Schuuurhuis (Black Inc), Jung Jimin (Geumsan Insam), Endra Wijaya (Timnas Indonesia), serta Nandra Eko Wahyudi (BRCC).

Dominasi 14 pembalap terdepan masih berlanjut hingga 50 kilometer jarak yang sudah ditempuh. Mereka mencatat gap hingga 7 menit dan 20 detik dengan rombongan besar. Pada 20 kilometer selanjutnya, komposisi pembalap yang memimpin lomba tak berubah. Hanya saja, kesenjangan berkurang menjadi 6 menit dan 10 detik.

Hingga balapan memasuki separuh etape, Christie dan Ma Guangdong tinggal berdua di posisi paling depan. Dong Hyun sendiri dan rombongan terus menjaga selisih waktu di belakangnya. Mereka baru benar-benar merespons sekitar 5 kilometer terakhir.

Selisih waktu pun terus berkurang hingga Christie dan Ma Guangdong akhirnya tersusul. Puncaknya, sekitar 200 meter terakhir, Dong Hyun yang mampu melewati dua pembalap itu mengklaim kemenangan perdananya tahun ini.

Tepat di belakangnya, Ma Guangdong membuntutinya di garis finis bersama Rully Ibnu Faroka dari Customs Cycling Club, Enseong Jung dari Geunsam Insam Cello, dan Fatahillah Abdullah dari Indonesia National Team.

Hasil tersebut membuat Dong Hyun Shin menjadi pemimpin klasemen umum (general classification) dengan raihan poin terbanyak. Di etape kedua pada Kamis 12 Mei 2016, dia akan memimpin balapan dengan mengenakan yellow jersey.

"Saya senang bisa memulai balapan dengan baik. Tadi ada beberapa pembalap yang bersaing ketat dan terus memimpin, tapi akhirnya saya bisa menyusul mereka. Semoga besok saya bisa mendapatkan hasil memuaskan," ujar Dong Hyun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini