nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batasan Komunikasi Radio Tak Timbulkan Risiko bagi Pembalap F1

Tatang Adhiwidharta, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2016 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 31 37 1349886 batasan-komunikasi-radio-tak-timbulkan-risiko-bagi-pembalap-f1-l7MBUITPR2.jpg Charlie Whiting. (Foto: Autosport)

SAKHIR - Direktur Perlombaan Formula One (F1), Charlie Whiting, menolak apabila pembatasan komunikasi radio akan menimbulkan risiko keselamatan para pembalap. Kendati dalam aturan tersebut, para driver dibatasi berkomunikasi dengan para teknisi kokpit.

Memasuki musim balap 2016, Federasi Otomotif Internasional (FIA) mengeluarkan aturan baru yang dituangkan dalam pasal 27.1. Aturan tersebut menyatakan pembalap harus mengendarai jet daratnya sendirian dan tanpa bantuan.

Dengan aturan yang berlaku tersebut, Whiting menilai langkah tersebut sudah cukup efektif pada gelaran perdana di GP Australia. Lantas ia menilai kebijakan yang dibuat bukan untuk membahayakan para pembalap.

“Saya merasa kami telah melakukan langkah keseimbangan yang tepat. Kendati ada beberapa gangguan saat balapan dihentikan,” ungkap Whiting mengutip Autosport, Kamis (30/3/2016).

“Tim harus memberitahu para pembalapnya untuk memberitahu hal tersebut. Namun mereka tak bisa melakukan konsultasi dengan tim,” pungkasnya.       

(fap)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini