nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

F1 Tidak Minta Maaf Terkait Hilangnya Merah Putih di Foto Profil Rio

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Senin 21 Maret 2016 19:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 21 37 1342074 f1-tidak-minta-maaf-terkait-hilangnya-merah-putih-di-foto-profil-rio-Shix1BHCER.jpg Tidak ada bendera Merah Putih di Profil Rio Haryanto. (Foto: Tim Media Rio Haryanto)

JAKARTA - Pihak Formula One (F1) akhirnya memberikan pernyataan soal hilangnya bendera Indonesia saat menampilkan grafis profil pembalap muda kebanggaan Tanah Air, Rio Haryanto. Grafis profil tersebut dikeluarkan sebelum balapan GP Melbourne, Minggu 20 Maret 2016. Dalam pernyataannya, F1 memastikan kesalahan ini tidak akan terulang di balapan-balapan selanjutnya.

Sebelumnya, FOX Sports sudah menjelaskan bahwa video grafis profil pembalap F1 yang ditampilkan sebelum balapan berlangsung sama sekali tidak ada kaitannya dengan mereka. FOX Sports hanya menayangkan saja, sedangkan materi grafis sepenuhnya adalah milik dan dibuat oleh pihak F1 (sebelumnya disebutkan FIA-Federasi Automotif Internasional).

Marketing Manager FOX Sports Indonesia, Tiara Sugiyono, menyatakan bahwa F1 akhirnya sudah merespons pertanyaan yang dikirim langsung dari pihaknya terkait hilangnya bendera Indonesia di foto profil Rio. F1 pun mengakui kelalaian tersebut.

"Pihak F1 akhirnya sudah memberikan respons soal bendera Indonesia. Dalam pernyataannya, mereka pun memastikan hal seperti itu tidak akan terjadi lagi di balapan yang Rio ikuti selanjutnya," ungkap Tiara kepada Okezone, Senin (21/3/2016).

Sayangnya menurut Tiara, F1 tidak memberikan keterangan lebih lanjut selain yang telah disebutkan di atas. Pihak penyelenggara kompetisi balap mobil kelas utama tersebut tidak menjelaskan alasan mengapa mereka sampai lalai tidak menampilkan bendera Merah Putih di samping foto profil Rio Haryanto. Termasuk tidak adanya permintaan maaf dari F1 karena kelalaiannya.

Tidak munculnya bendera Indonesia tentu menimbulkan keheranan. Pasalnya, hanya Merah Putih saja yang tidak terpampang di samping foto profil Rio. Padahal, profil Rio keluar bersamaan dengan profil rekan setimnya asal Jerman, Pascal Wehrlein dan bendera kebangsaannya.

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini