nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjelasan FOX Sports soal Hilangnya Bendera Rio Haryanto

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Senin 21 Maret 2016 11:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 03 21 37 1341497 penjelasan-fox-sports-soal-hilangnya-bendera-rio-haryanto-BCGWXCW4u8.jpg Rio Haryanto (Foto: Twitter resmi Manor Racing)

JAKARTA – Sebagian netizen (internet citizen) Tanah Air sedang ramai mempermasalahkan tidak munculnya bendera Indonesia saat siaran Formula One (F1) di FOX Sports yang menampilkan grafis profil pembalap yang akan bertarung di seri perdana GP Australia, Minggu 20 Maret 2016. Mendapat pertanyaan dan kritik pencinta balap di Indonesia, pihak FOX Sports Indonesia akhirnya memberikan penjelasan.

Di saat bendera-bendera negara lain muncul di samping foto para pembalap, bendera Merah Putih malah tidak terpampang di samping foto pembalap Manor Racing, Rio Haryanto. Padahal, profil Rio keluar bersamaan dengan profil rekan setimnya asal Jerman, Pascal Wehrlein. Bendera Jerman pun terpampang di samping Wehrlein.

Sebagian pencinta balap Tanah Air mempertanyakan apa yang membuat siaran FOX Sports seolah-olah “mendiskriminasi” bendera Indonesia. Tak pelak, FOX Sports menjadi pihak yang disalahkan.

(Foto: Humas Rio Haryanto)

Saat ditanyakan mengenai hal itu, FOX Sports langsung memberikan bantahan. Melalui Marketing Manager FOX Sports Indonesia, Tiara Sugiyono, FOX Sports menjelaskan bahwa insiden hilangnya bendera Merah Putih terjadi bukan karena kesalahan pihak mereka.

“Kami ingin meluruskan di sini bahwa itu (hilangnya bendera Indonesia) bukan kesalahan pihak FOX Sports. Kami hanya menyiarkan grafis yang dibuat oleh F1 (Federasi Automotif Internasional),” tutur Tiara saat dihubungi oleh Okezone, Senin (21/3/2016).

“Jadi, semua grafis itu dibuat oleh F1. Sementara FOX Sports sendiri hanya menayangkannya saja. Itu kan tayangan preshow ya, memang hanya ada di FOX Sports, tidak muncul di GlobalTV dan INews (pemegang hak siar F1 di Indonesia). Jadi, kesannya itu kesalahan kami. Tapi sebenarnya, itu semua yang buat adalah FIA,” sambungnya.

Tiara menambahkan, saat ini FOX Sports sendiri sudah mencoba menghubungi dan menanyakan langsung kepada F1 mengenai insiden ini. Akan tetapi menurutnya, hingga saat ini F1 belum juga memberikan balasannya.

(rul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini