Resmi, Rio Haryanto Gabung Manor untuk F1 2016

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2016 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 18 37 1315612 resmi-rio-haryanto-gabung-manor-untuk-f1-2016-khCMBLt25y.jpg Rio Haryanto resmi bergabung dengan Manor untuk F1 2016 (Foto: Muhammad Adimaja/Antara)

BANBURY – Lengkap sudah susunan pembalap Tim Manor Formula One (F1) untuk musim 2016. Setelah resmi mengikat Pascal Wehrlein, kini tim asal Inggris itu mendapatkan pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto.

Pembalap berusia 23 tahun kelahiran Surakarta tersebut sebelumnya bergabung dengan Campos Racing di GP2, dan segera memulai debutnya di F1 bersama Manor di balapan yang berlangsung mulai Maret di Australia. Rio juga akan menjajal mobil MRT05 di sesi uji coba pramusim pekan depan di Barcelona.

Kedatangan Rio langsung disambut gembira pemilik Manor, Stephen Fitzpatrick. Selain melihat talenta pada diri Rio, Fitzpatrick juga mengakui bahwa dukungan rakyat Indonesia memudahkan langkah Rio ke F1.

“Kami dengan senang hati mengumumkan Rio sebagai pembalap kedua kami untuk 2016. Rio telah lama membalap sejak pertama ia membalap karting di usia enam tahun. Dia ulet di dalam dan luar trek, membuat kesan besar musim lalu di persaingan GP2,” ucap Fitzpatrick di akun Facebook resmi Manor, Kamis (18/2/2016).

“Rio memiliki banyak fans di Indonesia dan itu bagus untuk tim serta F1. Mereka sangat ingin melihatnya balapan di sirkuit, dan kami percaya diri bahwa kami akan melihatnya menikmati pertarungan seru di beberapa musim ke depan,” sambungnya.

Kepastian ini mengakhiri misteri seputar masa depannya untuk mengikuti F1 yang meragukan sebelumnya, karena dana yang tak juga turun kepada Manor. Namun, semua itu telah berlalu dan Rio Haryanto menyingkirkan pesaing lainnya, Alexander Rossi, untuk merebutkan kursi Manor.

Kebanggan tentunya bagi Indonesia melihat putra bangsa bersaing di ajang balap mobil bergengsi dunia tersebut. Selamat berjuang Rio Haryanto!

(arp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini