Sportpedia: Petinju Terhebat Sepanjang Masa

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Kamis 11 Februari 2016 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 11 43 1309712 sportpedia-petinju-terhebat-sepanjang-masa-sIoBixQr5i.jpeg Mike Tyson (Foto: Reuters)

PENGUASA dunia tinju terus berganti dari tahun ke tahun. Petinju hebat selalu terbentur dengan usia yang membuatnya pensiun.

Namun sebelum pensiun, penggemar tinju selalu disuguhkan nama-nama petinju muda yang akhirnya berhasil menggantikan petinju hebat sebelumnya. Berikut ini kami rangkum beberapa petinju besar dunia yang pernah ada.

Muhammad Ali

Nama Muhammad Ali tidak perlu diragukan lagi dalam dunia tinju. Kariernya menjadi perbincangan publik sejak berhasil meraih medali emas di Olimpade Roma 1960. Tidak hanya berhasil di dunia tinju, petinju kelas berat tersebut juga terkenal dengan masalah di luar lapangan. Total ia sudah menjalani 61 pertandingan dengan 56 kemenangan dan lima kekalahan.

Sugar Ray Robinson

Sugar Ray adalah petinju yang merasakan beberapa kelas dalam kariernya. Ia memulai bertinju melalui kelas bulu, lalu merasakan kelas lain seperti berat ringan dan berat menengah. Pria kelahiran 1921 tersebut total sudah menjalankan 200 pertandingan dan 173 di antaranya berakhir dengan kemenangan. Catatan terhebatnya adalah dengan 108 kemenangan KO.

Rocky Marcioano

Rocky Marcioano adalah petinju di kelas berat. Petinju yang lahir di Brockton, Amerika Serikat, tersebut berhasil memenangkan semua pertandingan dalam kariernya. Pria yang meninggal pada 1969 itu total sudah mencatat 49 kemenangan dan 43 di antaranya didapat dengan KO.

Floyd Mayweather Jr

Nama petinju Amerika Serikat kembali muncul di daftar petinju terbaik sepanjang masa. Pria yang memiliki julukan The Money tersebut saat ini sudah memutuskan pensiun dari dunia yang membesarkan namanya. Pertandingan terakhirnya adalah melawan petinju asal Amerika Serikat, Andre Berto. Kemenangan tersebut membuatnya tidak terkalahkan dalam 49 pertandingan.

Mike Tyson

Kehebatan Mike Tyson benar-benar tidak perlu diragukan lagi. Petinju yang memiliki julukan Iron Mike tersebut telah memainkan 58 pertandingan tinju dengan 50 di antaranya ia menangkan dan harus menelan enam kekalahan. Petinju yang saat ini aktif di dunia akting tersebut juga berhasil menang KO sebanyak 44 kali.

Manny Pacquiao

Pacquiao adalah nama terakhir yang kami pilih sebagai petinju terbaik sepanjang masa. Ia adalah petinju satu-satunya yang berasal dari Asia. Sepanjang karier, ia mampu mengoleksi 11 gelar juara yakni WBC Flyweight, Lineal Flyweight, IBF Super Bantamweight, The Ring Featherweight, WBC Superfeatherweight, The Ring Junior Lightweight, WBC Lightweight, The Ring Junior Walterweight, IBO Junir Welterweight, WBO Welterweight, dan WBC Super-Welterweight.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini