nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nominal Tunjangan Atlet Indonesia di Olimpiade

Oris Riswan, Jurnalis · Jum'at 27 November 2015 09:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 27 43 1256676 nominal-tunjangan-atlet-indonesia-di-olimpiade-jgEvikhk8A.jpg Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok (Foto: Antara/Wahyu Putro)

BANDUNG - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memberikan tunjangan bagi atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade. Itu sebagai bentuk apresiasi pada mereka. Total sekira Rp30 miliar dianggarkan secara keseluruhan.

"Yang baru kita putuskan itu, atlet Olimpiade mulai tahun anggaran 2016. Jadi kita akan berikan mereka kayak tunjangan hari tua, sampai meninggal," ujar Menpora Imam Nahrawi di Bandung, Kamis 26 November 2015.

Untuk saat ini, menurutnya pemerintah baru bisa mengalokasikan anggaran untuk para atlet Olimpiade. Alasannya adalah keterbatasan anggaran.

Tapi ke depan, tidak menutup kemungkinan atlet Indonesia yang berlaga di event internasional seperti SEA Games dan ASEAN Games juga mendapatkan hal serupa.

"Baru (atlet) Olimpiade (yang diberi tunjangan) karena kemampuan anggaran kita terbatas, kecuali nanti ada anggaran, baru kita bisa memungkinkan bagi atlet lain," jelasnya.

Tak hanya atlet di event internasional, atlet dalam event lokal pun bisa saja nantinya akan mendapat apresiasi seperti atlet Olimpiade. Misalnya bagi atlet yang berlaga di PON.

Soal besaran anggaran untuk para atlet Olimpiade, jumlah yang ada dinilai kecil. Sebab Rp30 miliar itu diiberikan untuk seluruh atlet.

Jika dibandingkan dengan prestasi dan perjuangan mereka, nominal itu dianggap tidak sesuai. Tapi kemampuan anggaran hanya bisa dialokasikan sebesar itu.

"Anggarannya itu kecil, setahun hanya Rp30 miliar. Kecil itu kalau dibandingkan dengan prestasi dan kebanggaan nasional," kata Imam.

(fap)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini