nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Insiden Stoner hingga Keperkasaan Yamaha di Suzuka 8 Hours

Rully Pane, Jurnalis · Senin 27 Juli 2015 11:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 27 38 1185865 insiden-stoner-hingga-keperkasaan-yamaha-di-suzuka-8-hours-HA3a10mHL8.jpg Tim Yamaha Factory Racing merajai Suzuka 8 Hours (foto: motogp.com)

SUZUKA – Ajang balap ketahanan motor bergengsi Suzuka 8 Hours memunculkan jawara baru. Tim Yamaha Factory Racing sukses menang pada balapan yang digelar di Sirkuit Suzuka, Jepang, Minggu 26 Juli 2015.

Tim Garputala yang diperkuat dua rider MotoGP tulang punggung Monster Yamaha Tech 3, Pol Espargaro dan Bradley Smith, serta rider Jepang, Katsuyuki Nakasuga, mengawali balapan dari pole position. Nakasuga menjadi pembalap Yamaha pertama yang turun balapan dengan mengendarai motor YZF-R1. Meski start terdepan, Nakasuga sebenarnya sempat tercecer ke posisi 11.

Perlahan tapi pasti, Nakasuga mulai menyalip para pembalap di depannya dan memperbaiki posisinya. Pada lap 24, pembalap berusia 33 tahun yang juga merupakan test rider Movistar Yamaha di MotoGP itu berhasil naik ke posisi tiga. Memasuki lap 31, Nakasuga masuk ke pit dan berganti posisi dengan Smith.

Jatuhnya jagoan Tim MuSASHi Honda, Casey Stoner bisa dibilang membawa berkah bagi Smith. Rider asal Inggris itu pun naik ke posisi dua dan bahkan juga berhasil memangkas jarak dengan pembalap tim TSR Honda, Josh Hook. Duel sengit antar kedua rider pun tak terhindarkan.

Pada lap 43, Smith telah berhasil mengambil alih posisi pertama dari Hook dan memimpin jalannya balapan. Tak lama kemudian, Smith masuk ke pit dan menyerahkan YZF-R1 ke tangan Espargaro.

Praktis setelah itu laju Yamaha tak terbendung. Meski sempat dikenai penalti stop-go selama 30 detik, Yamaha tetap mendominasi balapan sampai akhir. Jelang lap-lap terakhir, Nakasuga yang memimpin pada posisi pertama lalu masuk ke pit. Smith pun menjadi pembalap Yamaha yang membawa timnya finis pada lap 204.

Kemenangan Yamaha ini sendiri jelas spesial, karena merupakan yang pertama sejak terakhir kali menang pada 1996 silam. Dari 1997-2014, ajang ini memang praktis didominasi MuSASHi Honda.

Kembali ke hasil balapan, posisi kedua menjadi milik tim TSR Honda yang diperkuat Hook dan bintang Moto2, Dominique Aegerter. Sementara itu, Team Kagayama Suzuki yang dibela tiga pembalap Jepang, Yukio Kagayama, Ryuichi Kiyonari dan Noriyuki Haga, finis di tempat ketiga.

Di sisi lain, MuSASHi Honda memang terpaksa harus menelan pil pahit karena Stoner mengalami kecelakaan di lap 31. Motor CBR1000RR yang ditungganginya pun rusak parah dan tak bisa melanjutkan balapan.

Dua pembalap MuSASHi lainnya, Michael van der Mark dan Takumi Takahashi pun tak bisa melanjutkan balapan karena peraturan hanya membolehkan rider untuk ganti posisi di pit. Stoner sendiri mengalami cedera berat usai kecelakaan tersebut. Juara dunia MotoGP 2007 dan 2011 itu mengalami patah kaki dan keretakan di lengan kanannya.

Hasil Suzuka 8 Hours 2015 (Top 10):

1. Nakasuga/Espargaro/Smith - Yamaha Factory Racing #21 (204 lap)

2. Aegerter/Hook/Smith - FCC TSR Honda #778 (+1m 17.411s)

3. Kagayama/Haga/Kiyonari - Team Kagayama Suzuki #17 (-1 lap)

4. Philippe/Delhalle/Masson - Suzuki Endurance Racing Team #30 (-2 lap)

5. Tsuda/Lowes/Waters - Yoshimura Suzuki #12 (-3 lap)

6. Checa/Foray/Gines - GMT94 Yamaha #94 (-3 lap)

7. Costa/Gimbert/Foray - Honda Endurance Racing #111 (-3 lap)

8. Hiura/Kamei/Yasuda - Honda Suzuka Racing Team #25 (-4 lap)

9. Yanagawa/Yudhistira/Watanabe - Team Green Kawasaki #87 (-5 lap)

10. Konno/Aoki/Ogata - Motomap Supply Suzuki #32 (-5 lap)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini