Share

Maryam Tebus Kesalahan di SEA Games Myanmar

Kamis 11 Juni 2015 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 11 43 1163863 maryam-tebus-kesalahan-di-sea-games-myanmar-349baPxkuq.jpg Maryam Makdalena Daimoi (tengah)/Foto: Antara

SINGAPURA - Insiden dayung yang sempat terselip saat perlombaan nomor tunggal putri perahu scull pada SEA Games 2013 di Myanmar menjadi motivasi besar Maryam Makdalena Daimoi. Dia akhirnya mampu menebus kesalahan itu dengan meraih emas pada SEA Games 2015 di Singapura.

"Pada SEA Games 2013, dayung saya sempat terselip dan saya terus berusaha untuk mengejar. Tapi, saya tetap kalah dari atlet Singapura," kata Maryam usai memperoleh medali emas nomor tunggal putri perahu scull 500 meter di Teluk Marina Singapura, Kamis (11/6/2015).

Atlet asal Sentani Papua itu mengatakan pengalaman dayung terselip itu dan kesertaan dalam sejumlah uji coba menjadi bekal untuk mengatasi dayung terselip saat berlomba.

"Motivasi saya juga berasal dari keluarga yang selalu mendukung dan mendoakan setiap saya akan mengikuti perlombaan internasional," kata anak keempat dari enam bersaudara itu seperti dikutip Antara.

Alumnus jurusan keolahragaan Unversitas Cenderawasih Papua itu mengatakan telah meraih dua medali emas pada kejuaraan dayung Piala Asia di Singapura pada nomor tunggal putri perahu scull jarak 500 meter dan 1.000 meter.

"Target saya berikutnya pra-Olimpiade 2016 pada nomor ganda perahu scull bersama Wahyuni. Kami akan berangkat ke Belanda pada 17 Juni untuk mengikuti uji coba sebelum berlomba pada pra-Olimpiade di Swiss," kata atlet berusia 25 tahun itu.

Maryam mengaku ingin berbagi pengalaman dalam cabang olahraga dayung kepada anak-anak di kampung halamannya.

"Adik saya juga termotivasi dan ingin ikut menjadi atlet dayung. Tapi, saya sampaikan kepadanya untuk menyelesaikan sekolah terlebih dahulu sembari berlatih di daerah," katanya.

Pada nomor perlombaan tunggal putri perahu scull 500 meter SEA Games 2015, Maryam meraih catatan waktu satu menit 44,29 detik dan menyumbang satu emas bagi kontingen Indonesia.

Tim dayung Indonesia merebut tiga medali emas pada perlombaan hari pertama cabang dayung SEA Games 2015 yang digelar di Teluk Marina Singapura, Kamis.

Selain nomor perlombaan yang diikuti Maryam, dua medali emas Indonesia masing-masing diperoleh pada nomor tunggal putra perahu sculls 500 meter atas nama Memo, dan nomor empat orang perahu ringan 500 meter atas nama Denri Maulidzar Al Ghiffari, Muhad Yakin, Rendi Syuhada Anugrah, dan Mochamad Ali Darta Lakiki.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini