nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

100 Hari Kerja Jokowi, Olahraga Lain Tak Tersentuh

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 28 Januari 2015 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 01 28 43 1098252 100-hari-kerja-jokowi-olahraga-lain-tak-tersentuh-zI3DYHw1lO.jpg Pembentukan Tim Sembilan dikritik karena dinilai tidak ikut memperhatikan cabang olahraga yang lain. (Foto: Menpora Imam Nahrawi - Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, menjawab kritik. Tim Sembilan sebagai kepanjangan tangan Kemenpora, dianggap terlalu memprioritaskan sepakbola ketimbang olahraga lain.

Tim Sembilan yang sedianya dibentuk untuk membenahi semua lingkup cabang olahraga, justru terlihat lebih memprioritaskan masalah sepakbola nasional.

Padahal di olahraga-olahraga lain, terjadi masalah yang juga butuh perhatian dan campur tangan pemerintah.

Sebelumnya, pemerhati olahraga Budiarto Shambazy dan mantan atlet Taufik Hidayat, mengkritisi pemerintah soal Tim Sembilan yang belum menyentuh olahraga lain.

Pemerintah melalui Kemenpora yang diwakili Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan, Gatot Dewa Broto, mengakui bahwa memang Tim Sembilan tengah memprioritaskan sepakbola. Tapi bukan berarti, Kemenpora menganakemaskan sepakbola dan menganaktirikan olahraga lain.

“Tim sembilan tetap akan evaluasi cabang-cabang lain, tidak hanya sepakbola. Tapi semua kan harus ada prioritas. Sepakbola tengah jadi prioritas saat ini, tapi bukan berarti mengabaikan cabang-cabang lain,” ujar Gatot kepada Okezone.

Gatot juga menjelaskan perkembangan persiapan Indonesia untuk jadi tuan rumah Asian Games 2018. Hingga kini, mereka masih harus mematangkan naskah Keppres (Keputusan Presiden) dan lebih fokus pada persiapan ajang yang lebih dekat – SEA Games tahun ini.

“Persiapan Asian Games finalisasinya masih dalam tahap draft Keppres, di mana masih harus kembali dirapatkan sekali lagi dengan Menko PMK (Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan) Puan Maharani,” imbuhnya.

“Setelah itu kita akan selesaikan persiapan venue yang akan diinspeksi orang-orang dari OCA (Olympic Council of Asia). Untuk saat ini, kita fokus dulu pada persiapan atlet jelang SEA Games yang akan dihadapi sebentar lagi,” tuntas Gatot.

(FAP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini