Share

Indonesia Tanpa Perwakilan di Semifinal China Open

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Jum'at 14 November 2014 22:46 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 14 40 1065750 indonesia-tanpa-perwakilan-di-semifinal-china-open-tCfvDdteL3.jpg Owi/Butet bersama Greysia/Nitya gagal melaju ke semifinal China Open (Foto: Badmintonindonesia.org)

FUZHOU – Habis sudah perwakilan Indonesia di ajang Cina Open 2014, setelah dua wakil di nomro ganda campuran dan ganda putri kandas di perempatfinal. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tak mampu mengatasi Zheng Si Wei/Chen Qingchen dan kalah dua set langsung 18-21, 15-21. 

Sementara Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari tak bisa mengulang sukses Asian Games 2014, saat mengalahkan Tian Qing/Zhao Yunlei. Pasangan peraih emas Olimpiadie London di tahun 2012 itu berhasil melakukan revans di depan pendukungnya dengan kemenangan 21-14, 21-17.

Kurang cermatnya Greysia/Nitya dalam membaca strategi permainan Tian/Zhao menjadi alasan kekalahan mereka. Apalagi mereka sudah kecolongan sejak awal laga, dengan kalah 21-14. Momentum yang dijaga pasangan unggulan kedua tersebut di turnamen ini.

“Kami merasa kecolongan strategi. Kalau berhadapan dengan lawan yang selevel, apalagi dari Tiongkok, memang tidak boleh kecolongan strategi awal,” ucap Greysia seperti dilansir dari laman resmi PBSI, Jumat (14/11/2014).

“Di awal kami mau inisiatif menyerang malah kena serang balik. Pada pertemuan sebelumnya kami menang karena inisiatif menyerang lebih dulu, namun sekarang keadaan berbeda dan kami kurang cermat menguasai keadaan. Pada pertemuan selanjutnya, kami harus lebih cermat lagi,” sambungnya.

Sementara Owi/Butet yang kalah oleh Zheng/Chen mengaku lawannya tampil tanpa beban. Kekalahan ini membuat Owi maupun Butet, gagal mempertahankan gelar Cina Open yang diraih tahun lalu.

“Performa kami hari ini memang kurang bagus. Sebaliknya, Zheng punya kualitas permainan yang bagus. Sedangkan Chen sebetulnya biasa-biasa saja, cuma dia berani. Pasangan ini juga tampil nothing to lose,” ujar Liliyana

Sebelum mereka, wakil Indonesia lainnya yang telah tersingkir adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Tommy Sugiarto. Lalu dua wakil ganda campuran, Riky Widianto/Richi Puspita Dili dan Praveen Jordan/Debby Susanto juga belum berhasil melaju.

Namun para Srikandi dan Arjuna Indonesia tersebut tak harus meratapi kegagalan terlalu lama, karena pekan depan Indonesia akan terlibat di ajang Hong Kong Open 2014.

Follow Berita Okezone di Google News

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini