Awalnya Mengintip, Lalu jadi Atlet Berprestasi

Reza Jailani, Jurnalis · Senin 22 September 2014 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 22 44 1042719 fyziRZRRmP.jpg Eko Yuli Irawan (Foto: Antara/Saptono)

INCHEON – Seperti apa perjalan seorang Eko Yuli Irawan sebelum menjadi seorang atlet angkat besi kelas dunia. Bagi Eko awal dirinya mengenal olahraga angkat besi dengan cara yang unik.

Yon Haryono yang menjadi pelatih pertama Eko adalah orang pertama yang memperkenalkannya ke dunia lifter. Walau sebelumnya ia tak pernah menyangka akan menjadi atlet nasional.

“Yon Haryono memperkenalkan saya pada olahraga ini. Saya melakukan latihan angkat besi karena ajakan teman-teman sehabis menggembala kambing. Saat SD saya mempunyai empa kambing milik bapak diangon tiap hari,” seperti dilaporkan Antara, Senin (22/9/2014).

Usai menjadi pengembala kambing, awalnya bersama teman-temannya di kawasan Metro Lampung hanya berani mengintip atlet binaan Yon Haryono berlatih. Namun Yon belakangan mengetahui kebiasaan Eko dan mengajaknya untuk ikut berlatih, tanpa pikir panjang dia menerima ajakan itu.

Apalagi kehendak Eko berlatih angkat besi bersambut dengan restu yang diberikan kedua orang tuanya. "Bapak memberikan ijin melakukan latihan angkat besi dengan syarat menggembala kambing dulu. Saat itu saya memasuki usia 11 tahun. Ketika memasuki usia 12 tahun, saya langsung diintruksikan mengikuti kejuaraan nasional di Indramayu, Jabar," ungkapnya mengakhiri wawancara.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini