Rahasia Serena Saat Rengkuh Grand Slam Ke-18

Reza Jailani, Jurnalis · Senin 08 September 2014 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 08 39 1035706 P9z0qXT0WE.jpg Serena Williams (Foto: Reuters)

NEW YORK – Petenis wanita nomor satu dunia, Serena Williams sukses membayar kegagalan di Wimbledon 2014 dengan menjuarai US Open. Serena mengalahkan Caroline Wozniacki di final dengan skor 6-3 dan 6-3, kemenangan ini juga membuat namanya sejajar dengan dua legenda tenis dunia.

Ini adalah gelar Grand Slam ke-18 yang dimenangi oleh petenis asal Amerika Serikat itu, juga gelar US Open keenam miliknya. Kemenangan ini sekaligus mensejajarkan dirinya dengan Christ Evert dan Martina Navratilova dengan jumlah trofi yang sama seperti Serena. Keduanya juga yang menyerahkan trofi US Open kepada petenis berusia 32 tahun itu.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir oleh situs WTAtennis.com, Senin (8/9/2014) adik dari Venus Williams itu menjawab lima pertanyaan yang diajukan kepadanya. Berikut petikan wawancaranya:

Bagaimana perasaan Anda menyamai rekor Evert dan Navratilova?

“Pencapaian ini begitu berarti bagi saya. Saya tidak membayangkan sebelumnya bahwa saya menyamai rekor keduanya, karena dulu saya hanyalah seorang anak kecil dan sebuah raket. Saya melewati kesempatan ini di tiga turnamen Grand Slam sebelumnya tahun ini. Saya sangat senang.”

Bagaimana Anda menyiapkan diri setelah kegagalan di Wimbledon?

“Kegagalan itu membuat saya kecewa, lalu saya bekerja keras. Selama enam jam saya terus berlatih, tak pernah berhenti. Setelah itu saya berpikir ‘mungkin saya tidak harus berlatih keras karena tak mempengaruhi hasil akhir. Mungkin saya harus mencoba sesuatu yang baru’. Lalu saya pergi berlibur selama satu setengah minggu dan tidak berlatih sekeras sebelumnya. Saya tahu, saya membutuhkan relaksasi dan tidak memberikan tekanan yang besar kepada diri saya sendiri. Jadi saya tidak memikirkan untuk meraih gelar Grand Slam selanjutnya. Sekarang saya sudah memiliki 18 gelar!”

Apakah Anda pernah berpikir tidak akan meraih satu gelar Grand Slam tahun ini?

“Sejujurnya saya tidak berpikir bahwa akan meraih gelar Grand Slam tahun ini. Saya pernah mengatakan ‘saya siap memulai musim depan. Lupakan saja tahun ini.’ Sekarang saya sungguh merasa terhormat dan bahagia. Saya bersyukur bisa menjuarai satu Grand Slam tahun ini dan ini terasa begitu indah.”

Apa sesungguhnya target Anda selama dua pekan di US Open?

“Saya tidak memiliki target saat berlaga di turnamen ini (US Open). Tujuan saya hanya melaju hingga babak ketiga, mungkin keempat, karena sulit bagi saya untuk memenangi turnamen utama. Tujuan saya hanya memenangi beberapa pertandingan.”

Apa rencana Anda dengan uang hadiah sebesar USD4 juta?

“Ya, saya memiliki seorang paman yang baik dan sangat saya cintai. Saya selalu mengatakan ini. Nama paman saya adalah Paman Sam (Amerika Serikat). Saya rasa, saya akan memberikan banyak kepadanya atas uang ini.”

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini