nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Etape VII: Ajang Balapan Terpanjang di Tour de Singkarak

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 13 Juni 2014 15:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 06 13 43 998406 CpgpHutNxa.jpg Suasana Tour de Singkarak. (Foto: Rus Akbar/Okezone)

SIJUNJUNG- Hari ini 92 pembalap sepeda Tour De Singkarak 2014 diuji ketangguhan dari sembilan etape. Saat ini mereka akan bertarung mengayuh sepedanya dari Kabupaten Sinjunjung sampai Kabupaten Dharmasraya sepanjang 167,5 Kilometer, berdasarkan waktu dari panitia start pada pukul 11.35 WIB dan finis 11.35 WIB atau empat jam lebih, Jumat (13/6/2014).

Meski kondisi daerahnya banyak titik sprint, tapi cuaca panas membuat pembalap harus tangguh untuk berjuang mendapatkan tiga penghargaan bergengsi, Yellow Jersey, Polkadot Jersey dan Green Jersey. Pembalap akan melintasi dari sungai Silokek, Kabupaten Sijunjung, terus ke Imam Bonjol-Muaro, lalu melintas di Tanah Badantung di KM 19.

Mereka akan melintasi Timbulun, di KM 28 pembalap akan akan merebut gelar raja tanjakan atau King Of Mountain (KOM) sepanjang 350 meter. Lalu masuk ke daerah Sungai Langsek, para pembalap akan masuk daerah Kiliran Jao, Kabupaten Dharmasraya.

Lokasi daerah ini kebanyakan kebun sawit daerahnya lurus, jalannya mengikuti lekukan bukit,  masuk di Pulau Punjung Kilometer 90, para pembalap akan merebut poin untuk kategori sprint sepanjang 135 meter. Lalu untuk kategori sprint akan kembali mereka adu kecepatan dari daerah Koto Baru Kilometer 133,5 sepanjang 101 meter, kemudian di titik Gunung Medan Kilometer 152 dengan panjang rute 117 meter.

Setelah melewati Sikabu barulah para pembalap sampai titik finis, sesuatu dengan denahnya, para pembalap berputar dulu baru mencapai garis finis.

Kalau Etape VI kemarin dari Padang Panjang dan finis Kota Solak, pembalap Iran, Ramin Mehrbaniazar dari Pishgaman Yazd (PKY) masih mempertahankan Polkadot Jersey untuk King of  Mountain dengan angka 26.

Sementara pembalap tercepat di titik sprint terjadi pada masih dimenangkan oleh Arvin Moazemi Godarzi  dari PKY Iran dengan 20 poin berhak mendapat Green Jersey. Sedangkan Yellow Jersey masih dipegang pembalap Iran Amir Zargari (PKY), sudah keempat kalinya setelah mencatat waktu 17 jam, 23 menit, 04 detik.

(asm)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini