Tempati Kokpit Caterham, Kovalainen Ogah Rogoh Kocek

Randy Wirayudha, Jurnalis · Jum'at 30 Agustus 2013 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 30 37 858282 o0RyCY18CV.jpg Heikki Johannes Kovalainen (Foto: Reuters)

LEAFIELD – Karier Heikki Kovalainen sudah kadung mentok bersama Caterham sejak musim lalu. Untuk tahun ini, pilot asal Finlandia itu punya peluang kembali ke kokpit Caterham. Tapi yang pasti, Kovalainen hanya ingin kembali berbekal performa, bukan hasil merogoh sakunya.

 

Musim ini, Kovalainen sempat diberi kesempatan di beberapa sesi latihan, contohnya saat seri Sakhir, Katalunya dan terakhir Spa. Tapi kondisi Caterham saat ini juga tengah sulit dan kemungkinan, Kovalainen bisa menggusur posisi Charles Pic atau Giedo van der Garde musim depan dengan pemulus “setoran” uang kepada Caterham.

 

“Penting untuk bisa kembali membalap dan yang jelas, itulah target saya. Tapi saya benar-benar tak tahu apakah saya punya kesempatan yang bagus atau tidak,” ungkap Kovalainen.

 

“Faktanya, saya takkan mau membawa uang, semua orang tahun itu dan jika persoalan tersebut menjadi penghalang lagi, maka saya akan angkat tangan,” sambungnya, sebagaimana diwartakan Planet-F1, Jumat (30/8/2013).

 

Driver berusia 31 tahun ini padahal sempat mencapai puncak kariernya bersama McLaren 2008 silam. Namun musim berikutnya bak anti-klimaks hingga akhirnya mesti terdepak dan terdampar di Lotus serta Caterham.

 

Kovalainen mengaku skill dan kemampuannya belum habis. Pembalap yang merintis karier sedari pentas Go-Kart, Formula Three dan GP2 itu masih ingin diberi kesempatan unjuk gigi untuk bisa mengaspal lagi musim 2014 mendatang – tetap tanpa harus lebih dulu menyetor uang atau mencarikan sponsor untuk tim.

 

“Saya pernah punya kesempatan yang bagus dengan McLaren, tapi saya tak maksimal. Saya belum ingin mengakhiri karier. Saya bekerja keras untuk bangkit dan membuktikan bahwa saya masih layak mengaspal,” tambah Kovalainen.

 

“Saya tak pernah cemas tentang pembalap lain yang membawa uang dan mendapatkan tempatnya. Saya akan mencoba cara lain dan berusaha meyakinkan orang lain berdasarkan performa. Apakah itu akan berhasil, saya tak tahu,” lanjutnya lagi.

 

“Kita tahu bahwa alasan saya terdepak dari Formula 1 dan saya masih ingin kembali. Namun saya tak ingin mencari atau membawa uang untuk tim – tapi jika saya bisa kembali ke paddock, mungkin saya bisa memberi kontrobusi yang lebih untuk tim,” tukas Kovalainen.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini