nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratchanok, Anak Pegawai Pabrik Jadi Juara Dunia

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2013 14:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 08 14 433 849435 X4CmlR89Mw.jpg Ratchanok Inthanon bertemu Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. (Foto: Reuters)

BANGKOK – Keberhasilan Ratchanok Inthanon menjadi juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis membuat namanya menjadi terkenal. Bahkan, dia telah menjadi idola baru masyarakat di Thailand khususnya.

 

Pemain 18 tahun ini menjadi tunggal putri termuda setelah mengalahkan Li Xuerui di partai final, dalam pertandingan di Guangzhou, Minggu kemarin. Sejak saat itu, nama Ratchanok mendadak menjadi dikenal dunia.

 

Selasa kemarin, anak dari pasangan Winutchai Intanon dan Kumpan Suvarsara ini bertemu dengan Perdana Menteri, Yingluck Shinawatra, di Gedung Pemerintah Thailand. Di sana, Ratchanok menerima hadiah USD64 ribu atas keberhasilannya.

 

Bukan hanya itu, sejak kepulangan dari China, anak dari pasangan yang bekerja di pabrikan itu juga telah keliling Thailand, serta masuk ke dalam talk show paling terkenal di negaranya dan juga menjadi model untuk majalah negara itu.

 

“Atas nama pemerintahan, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda atas kesuksesan Anda. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga Anda dan sekolah yang telah menghasilkan pemain luar biasa. Keberhasilan Anda membuat masyarakat Thailand berbahagia.” demikian kata Perdana Menteri, Yingluck

 

Bahkan, keberhasilannya menjadi juara dunia, membuat seorang dari Kepolisian Bangkok, Lt. Gen. Kamronwit Toopkracha bertanding. Sebuah sponsor telah menyiapkan sebuah hadiah sebesar 500 ribu baht ditambah sebuah lemari es sebagai hadiahnya.

 

Rupanya, tantangan itu sudah diterima oleh Ratchanok. “Saya hanya ingin bermain melawannya, bahkan meski hanya satu pertandingan,” jelas Lt. Gen. Kamronwit, diberitakan blog.wsj, Rabu (14/8/2013).

 

Ratchanok merupakan anak dari pasangan Winutchai dan Suvarsara yang bekerja pada sebuah pabrik di Nakhon Pathom. Dia sudah mulai berlatih sejak berusia empat atau lima tahun. Usahanya itu tidak sia-sia.

 

“Menjadi seorang juara dunia adalah impian saya. Pada akhir pertandingan, semua momen sulit yang sudah lewati masuk ke dalam pikiran. Kemudian saya berpikir, akhirnya saya berhasil mendapatkan gelar ini,” tandasnya.

 

Profil Ratchanok

Nama lengkap: Ratchanok Inthanon

Tanggal lahir: 5 Februari 1995 (usia 18)

Tinggi: 1.68 meter

Berat: 55 kilogram

Negara: Thailand

Rangking Tertinggi: 3 (20 Juni 2013)

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini