Helm Selamatkan Nyawa De Villota Saat Kecelakaan

Windi Wicaksono, Jurnalis · Selasa 04 Juni 2013 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 04 37 817414 tYpBCTOqXK.jpg Maria de Villota (Foto: Daylife)

MADRID – Maria de Villota pernah mengalami cedera serius saat mengalami kecelakaan dalam tes tim Marussia di sirkuit Duxford Airfield, pada Juli tahun lalu. Namun, nyawa de Villota selamat karena kualitas helm yang dia gunakan kala itu.

 

Kerusakan pada helm de Villota amat hebat, dan serat karbon helm itu yang menyelamatkan hidupnya dalam kecelakaan horor tersebut. Pembalap wanita asal Spanyol itu menderita cedera serius pada tengkorak, otak, dan wajahnya mengalami luka.

 

Mobil de Villota menabrak truk timnya sendiri, dan kala itu mobil dianggap kehilangan kendali. Akibat kecelakaan itu, Pembalap berusia 33 tahun itu pun kini hanya memiliki satu mata, dan mata satunya ditutup dengan sebuah patch.

 

De Villota mensyukuri kualitas helm yang digunakan, karena menurut dia dalam balapan Formula One yang penuh risiko, hal yang paling penting adalah keselamatan pembalap. Menurut de Villota, kecelakaan yang dia alami bisa menjadi pelajaran bagi pejabat F1 untuk terus meningkatkan keselamatan para pembalap.

 

"Sampai saat ini hanya keluarga dan teman-teman saya yang telah melihatnya (helm)," kata de Villota, seperti dilansir F1Today, Selasa (4/6/2013). "Tapi saya pikir itu juga penting bagi orang lain untuk melihatnya juga," sambungnya.

 

"Jika ini (helm khusus) adalah apa yang kami miliki di formula satu, bayangkan apa yang akan terjadi jika saya tidak memakai apa-apa," tandasnya.

 

(win)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini