Share

Direktur Balapan FIA Tegaskan Manuver Vettel Legal

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Jum'at 30 November 2012 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 30 37 725715 jwZ3eg1Rpv.jpg Pernyataan Charlie Whiting kian memperkecil peluang banding Ferrari bisa sukses/Ist

BERLIN – FIA sekali lagi menegaskan bahwa manuver Sebastian Vettel yang menyalip Jean-Eric Vergne di lap keempat GP Brasil adalah bersih. Vettel tak melakukan kesalahan atau aksi apapun yang ilegal.

Hal tersebut ditegaskan oleh direktur balapan FIA, Charlie Whiting. Pernyataan ini menjadi ungkapan kesekian yang mementahkan usaha Ferrari mempermasalahkan insiden bendera kuning di seri pamungkas tersebut.

Soal kontroversi bahwa di dashboard Vettel masih menyala lampu kuning dan tulisan ‘flag’ atau ‘bendera’ yang artinya dilarang menyalip, Whiting mengungkapkan hal itu tidak berlaku karena pembalap Red Bull tersebut sudah melihat ada marshall yang telah mengibarkan bendera hijau jelang tikungan keempat.

Sejak panel lampu diperkenalkan di pinggir trek lima tahun lalu, Whiting menyebut jika ada sinyal datang bersamaan dari bendera dan lampu, maka yang diperhitungkan adalah sinyal dari bendera.

“Jika lampu tidak dipasang di tempat bendera dikibarkan, maka pembalap harus merespon kepada sinyal pertama yang terlihat,” kata Whiting kepada majalah otomotif asal Jerman, Auto Motor und Sport.

“Dalam kasus Vettel, di antara bendera kuning dan lampu hijau, ada bendera hijau yang dikibarkan. Vettel merespon terhadap bendera itu dan telah melakukan segalanya dengan benar,” ujar Whiting.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini