nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalkulasi Juara Lorenzo & Pedrosa

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2012 14:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 10 22 263 707403 pDTbvFl0l3.jpg Duel sengit Lorenzo dan Pedrosa di MotoGP Malaysia (Foto: Reuters)

JAKARTA - Persaingan juara MotoGP musim ini sudah mengerucut menjadi hanya milik Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Siapa juaranya?

Jika merujuk pada posisi di klasemen, Lorenzo yang membela panji Yamaha Factory Racing jelas lebih diunggulkan. Saat ini, rider berjuluk X’Fuera tersebut masih nyaman di puncak klasemen sementara dengan koleksi 330 atau unggul 23 poin dari Pedrosa di posisi kedua.

Namun, meski demikian Lorenzo tak lantas bisa jumawa di dua seri tersisa, GP Philip Island dan Valencia. Pasalnya, secara matematis Pedrosa masih bisa menggagalkan ambisi Lorenzo merengkuh titel juara dunia keduanya.

Ya, rider Repsol Honda yang tengah dalam form terbaiknya ini masih punya peluang untuk meraih trofi juara pertamanya. Akan tetapi, itu bukanlah hal mudah bagi Pedrosa untuk diwujudkan.

Pasalnya, selain harus selalu konsisten mengungguli Lorenzo dan meraih kemenangan di dua seri tersisa, Pedrosa juga harus berharap Lorenzo mengalami nasib nahas di dua seri tersebut.

Pedrosa akan keluar sebagai juara dunia, apabila mampu menyapu bersih 50 poin tersisa, sementara Lorenzo gagal meraup tambahan 28 poin di dua seri tersisa.

Pedrosa dituntut memenangi dua seri balap tersisa, sembari berharap Lorenzo finis di luar tiga besar, maksimal posisi empat. Dengan skenario tersebut, Pedrosa akan keluar sebagai juara dengan meraih 357 poin, sementara Lorenzo 356.

Sementara itu, skenario Lorenzo untuk keluar sebagai juara dunia jauh lebih mudah. Rider Spanyol yang akhir bulan ini akan kembali mengunjungi Indonesia itu hanya butuh tambahan 28 poin untuk juara. Lorenzo juga akan tampil sebagai juara apabila finis di posisi tiga pada dua balapan sisa (walau Pedrosa menang di dua seri tersebut).

(acf)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini