nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Vettel Bukan Juara Sejati"

Aditya Putra, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2012 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 10 18 37 705823 qYEIrx647X.jpg Sebastian Vettel. (Foto: Reuters)

MILTON KEYNES - Setelah mengudeta posisi Fernando Alonso di puncak klasemen sementara Formula One (F1), pembalap Red Bull, Sebastian Vettel difavoritkan menjadi juara tahun ini. Namun, legenda F1, Sir Jackie Stewart mengatakan bahwa Vettel bukanlah sosok terpenting di kubu Red Bull.

Pada 2010 dan 2011, Vettel memang begitu perkasa bersama Red Bull dengan menjadi juara dunia. Namun, Stewart menilai, direktur teknik Adrian Newey lebih berperan membawa Red Bull menjadi tim papan atas yang disegani.

“Jika Anda memiliki mobil yang superior, maka relatif mudah untuk memenangi kejuaraan. Saya memiliki respek yang sangat tinggi kepada Sebastian, tapi dia tak akan bisa mencapai apa yang telah dia lakukan tanpa pengaruh Adrian Newey,” ujar Jackie Stewart kepada BBC Sport, Kamis (18/10/2012).

“Untuk menunjukkan bahwa Anda adalah salah satu juara sejati, Anda harus terus berprestasi walaupun tak memiliki mekanik terhebat,” sambung mantan pembalap yang mengoleksi tiga gelar juara dunia F1 (1969, 1971, 1973) tersebut.

Kendati demikian, Stewart juga tetap menuji Vettel sebagai pembalap muda berbakat. Apalagi, Vettel baru saja memecahkan rekor sebagai pembalap termuda yang telah meraih podium utama sebanyak 25 kali.

“Saya merupakan fans dari Sebastian Vettel. Dia sangat mendominasi GP Korea dan mengemudi secara dewasa meskipun baru berusia 25 tahun,” pungkas pria berusia 73 tahun tersebut.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini