Kembali ke Lintasan, Stoner Tak Pasang Target

Achmad Firdaus, Jurnalis · Rabu 10 Oktober 2012 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 10 38 701606 RnQF6NDFKS.jpg Casey Stoner (Foto: Reuters)

MOTEGI - Casey Stoner sudah pulih dari cedera. Rider Repsol Honda ini pun akan kembali meramaikan persaingan MotoGP mulai seri GP Jepang, akhir pekan ini.

Juara dunia musim lalu ini diketahui sudah absent selama enam pekan usai mengalami cedera pergelangan kaki yang dialaminya pada sesi kualifikasi GP Indianapolis, meski dia masih mampu ikut balapan dan finis keempat.

Kini, setelah absen di tiga seri balapan (GP Brno, San Marino dan Aragon), Stoner akan kembali meramaikan persaingan dengan tampil di Sirkuit Motegi, Minggu (14/10/2012).

Namun, pembalap asal Australia ini tidak berani mematok target pada laga comeback-nya tersebut. Stoner, yang akhir musim ini akan gantung helm, mengaku bahwa balapan di Motegi akan dijadikannya untuk melihat sejauh mana perkembangan kondisinya (terutama cederanya).

“Sesi pertama (Jumat) akan krusial untuk melihat bagaimana kondisi engkel saya dengan menggunakan sepatu (balap) dan pergerakan serta tekanan yang bisa saya rasakan,” ujar Stoner dikutip Autosport, Rabu (10/10/2012).

“Motegi adalah sirkuit yang sangat mengocok, membutuhkan pengereman yang dalam dan kemudian akselerasi. Itu cukup sulit, karena menuntut kondisi yang memadai,” sambungnya.

Rekor Stoner di Motegi sendiri cukup baik. Dari enam balapan yang dilakoninya sejak di kelas MotoGP, Stoner mampu lima kali naik podium, di mana satu diantaranya tampil sebagai pemenang (2010).

Namun, dua rivalnya Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa juga punya rekor yang sama baiknya. Lorenzo jadi juara di Motegi pada 2009, sementara Pedrosa memenanginya pada musim lalu (2011).

Saat ini, Stoner berada di posisi tiga klasemen sementara pembalap dengan koleksi 186 poin. Sang jawara bertahan tertinggal jauh dari Pedrosa di tempat kedua dengan 257 poin dan Lorenzo di puncak dengan koleksi 290 poin di empat balapan.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini