nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masalah Ban Motor Pedrosa Belum Terkuak

Muhammad Indra Nugraha, Jurnalis · Selasa 25 September 2012 17:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 09 25 38 694952 ronYFrdNdC.jpg Dani Pedrosa usai terjatuh di Sirkuit Misano. (Foto: Reuters)

ARAGON - Kubu Repsol-Honda masih melakukan penyelidikan atas terkuncinya ban depan motor RC213V milik Dani Pedrosa pada MotoGP seri San Marino, 16 September lalu. Hal tersebut dikatakan oleh wakil Presiden Honda Racing, Shuhei Nakamoto.

Seperti diketahui, pada balapan di San Marino, Pedrosa harus start dari belakang karena memilih mengganti motornya. Padahal, ia sukses meraih pole position dalam balapan yang akhirnya dimenangkan oleh Jorge Lorenzo tersebut.

Diketahui bahwa ban depan miliki Pedrosa terkunci sehingga tyre warmer (pemanas ban) tak bisa dicabut. Namun, kubu Honda merasa bingung karena setelah diperiksa tak ada masalah pada bagian tersebut saat dicek manual dan juga lewat sistem komputerisasi.

“Prosedur restart yang sangat tidak jelas mengawali semua kekacauan itu. Seharusnya tyre warmer tak boleh lagi dipasang saat akan restart. Tapi, tim Ducati memasang lebih dulu sehingga semua tim mengikutinya,” ungkap Nakamoto.

“Ketika pengumuman 1 menit keluar, ban depan motor Pedrosa bahkan sudah tidak bergerak alias terkunci,” sambungnya.

Hingga kini Honda pun masih belum menemukan jawaban atas masalah ini. Padahal, tekanan hidrolis pengereman dalam keadaan normal dan sama sekali tidak ada bukti kerusakan fisik.

“Pada komponen cakram karbon, bantalan rem hingga tyre warmer juga tidak bermasalah. Jelas kami tak ingin masalah ini terjadi lagi. Karena itu, hingga kini kami terus menyelidiki secara intensif problem itu,” pungkas Nakamoto.

(min)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini