Fakta & Data Murray

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Selasa 11 September 2012 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 11 432 688118 1eDrYXE79v.jpg Andy Murray. (Foto: Reuters)

ADA sejumlah fakta menarik dari seorang Andy Murray. Peraih gelar grand slam US Open 2012 ini, ternyata pernah mendalami karier sebagai seorang pesepakbola.

 

Murray lahir di Glasgow, Skotlandia 15 Mei 1987. Murray memiliki bakat bermain sepakbola. Kakeknya Roy Erskine merupakan seorang pemain sepakbola professional di tahun 1950an.

 

Bahkan pada usia 15 tahun, Murray sempat diminta untuk berlatih di Rangers Football Club, namun dia menolaknya. Murray lebih memilih fokus karier di tenis. Kemudian, dia memilih untuk pindah ke Barcelona, Spanyol.

 

Murray melakukan debut sebagai petenis profesional pada tahun 2005. Saat itu, dia memulai dari peringkat 407 dunia. Nama Murray mulai harum ketika berhasil menembus peringkat 10 besar tiga tahun kemudian.

 

Pada tahun 2010, Murray berhasil menembus partai final Australian Open. Sayang, keinginanannya untuk mendapatkan gelar grand slam tidak tercapai. Murray dikalahkan oleh Roger Federer di partai final.

 

Setahun kemudian, juara Olimpiade London itu kembali berhasil menembus partai final Australian Open 2011. Namun, lagi-lagi usaha itu kandas setelah dikalahkan Novak Djokovic pada partai puncak.

 

Pada 2012, Murray juga menjadi petenis Inggris Raya pertama yang berhasil menembus partai final di Grand Slam Wimbledon. Lagi-lagi, keinginan untuk mendapatkan Grand Slam pertama gagal setelah dikalahkan Federer pada partai puncak.

 

Beberapa pekan kemudian, Murray berhasil menyumbangkan medali emas setelah mengalahkan Federer di partai puncak, sekaligus membalaskan dendam kekalahan di Wimbledon. Ternyata, di sini yang menjadi titik balik karier seorang Murray.

 

Akhirnya, usaha Murray untuk mendapatkan gelar Grand Slam perdananya berhasil juga. Petenis peringkat tiga dunia itu meraih gelar US Open, setelah mengalahkan Novak Djokovic 7-6 7-5 2-6 3-6 6-2.

 

Dia menjadi petenis pertama Inggris Raya yang berhasil mendapatkan gelar juara Grand Slam US Open. Terakhir, mantan petenis Fred Perry memenangkan gelar itu pada musim US Open 1936.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini