nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Taekwondoin Jabar Optimis Bisa Juara Umum

Panji Qadhafi, Jurnalis · Jum'at 07 September 2012 17:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 09 07 251 686732 2HDkfDndyY.jpg Logo Pon XVII di Riau/Ist

BANDUNG - Para taekwondoin Jabar asuhan pelatih asal negeri ginseng, Coach nim Lee Wooli Naran, meyakini dengan terus fokus mematangkan latihan, mereka memiliki modal untuk mewujudkan prestasi gemilang menjadi yang terbaik pada PON XVIII di Riau dengan meraih juara umum.

 

“Kami terus fokus mematangkan kemampuan untuk meningkatkan performa mereka, baik itu fisik, mental, blocking, taktik dan kemampuan lainnya sebagai modal bertanding nanti,”ungkap coach nim Nara kepada HATTRIK di sela-sela latihan bersama dengan Wakil Gubernur Jabar Dede Yusup beberapa waktu lalu.

 

Untuk mencapai target itu, Nara menilai dibutuhkan kerja keras dan motivasi tinggi dari atlet binaannya. Karena itu dirinya berharap timnya bisa membawa taekwondo Jabar menjadi nomor satu di perhelatan multi event itu.

 

Apalagi selama tiga bulan, para taekwondoin Jabar ditempa dengan program latihan dan sparing parter yang handal di Korsel. Sehingga kemampuan mereka saat ini sudah sangat meningkat dibanding sebelumnya.

 

Taekwondoin Jabar yang di siapkan untuk PON XVIII 2012 berjumlah 14 atlet. Lima orang atlet Putra untuk Kyorugi, tujuh atlet putri kyorugi dan dua orang untuk nomor Pomse putra dan putri.

 

Sementara itu, Dede Yusuf yang juga pemegang Dan V Kukiwon, terjun langsung berlatih dengan para atlet muda Jabar. Selain mengikuti instruksi pelatih Jabar, Dede juga tak segan bertukar pengalaman teknik dan sparing partner dengan para atlet.

 

"Selain teknik, atlet harus waspada faktor non teknis. Namun jangan terpengaruh dan tetap percaya diri. Official harus merekam setiap pertandingan," kata Dede Yusuf.

 

Dede menyebutkan, dalam pertandingan pertarungan sangat subyektif. Point ditetapkan oleh hasil penjurian, meski saat ini dibantu dengan peralatan sensor yang dipasang di 'hugo' atau pelindung tubuh.

 

"Semuanya kembali ke mental dan motivasi bertanding, saya yakin hasil kualifikasi yang cukup bagus bisa berlanjut di Riau nanti," katanya.

 

Orang nomor dua di Jabar itu merasa yakin, tim taekwondo Jabar bisa kembali menjadi juara umum di perhelatan akbar multi event itu. Keyakinan tersebut bukan tanpa alasan, Dede menilai kemajuan para atlet setelah di genjot latih tanding yang dilakukan dengan tim taekwondo Olimpiade asal Jepang dan Nigeria dan juga Uzbekistan sangat signifikan.

 

“Saya sangat yakin dan harus yakin, dengan melihat hasil dari beberapa kejuaraan, terus saat kemarin di Korsel para taekwondoin bisa latih tanding menjajal tim Olimpic, kemampuannya sudah luar biasa, tinggal keyakinan dari para atletnya juga untuk menunjukkan yang terbaik,”ungkapnya.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini