Kejutan, Berdych Singkirkan Federer

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Kamis 06 September 2012 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 06 39 685909 kGBZLQdod1.jpg Roger Federer, membuat 40 unforced error/Reuters

NEW YORK – Kejutan besar terjadi di perempatfinal US Open. Unggulan pertama Roger Federer disingkirkan unggulan keenam asal Rep. Ceska Tomas Berdych 6-7 (1) 4-6 6-3 3-6 dalam dua jam 42 menit.

 

Untuk pertama kalinya sejak 2003 atau dalam waktu sembilan tahun terakhir, legenda hidup tenis asal Swiss itu tersingkir dari US Open sebelum babak semifinal. Kunci kekalahan Federer adalah 40 unforced error yang dibuatnya.

 

Mungkin beristirahat terlalu lama menjadi penyebab kekalahan Fed Express. Sejak Sabtu lalu, juara US Open lima kali ini tidak pernah turun bertanding lagi. Lawan yang seharusnya dia hadapi di babak keempat, Mardy Fish mengundurkan diri lantaran masalah kesehatan.

 

Impian Federer untuk menjadi orang pertama dalam 87 tahun terakhir yang menjuarai US Open sebanyak enam kali pun kandas. Juara 17 grand slam itu tidak punya jawaban atas servis gledek dan pukulan groundstroke Berdych yang mematikan.

 

Bertanding di Arthur Ashe Stadium, tanda-tanda kejutan sudah tampak sejak set pertama saat Federer yang sempat unggul 3-1 malah berbalik tertinggal 3-4. Forehand Federer yang menyentuh net membuatnya kehilangan set pertama dengan 6-7.

 

Pada set kedua, Federer kembali tak berdaya. Petenis berusia 31 tahun itu sama sekali tak diberi kesempatan oleh Berdych dan langsung tertinggal 2-5 sebelum menyerah 4-6.

 

Memasuki set berikutnya, Federer akhirnya bangkit. Sadar kekalahan bakal membuatnya tersingkir, Federer mampu menunjukkan mental juaranya. Sempat tertinggal 1-3, Federer berhasil berbalik unggul 4-3 dan menutup kemenangan dengan 6-3.

 

Di set keempat, sempat terjadi kejar-mengejar angka. Momen kunci terjadi di game ketujuh saat Berdych berhasil mematahkan servis Federer untuk menjauh 5-3 dan akhirnya Federer pun tersingkir dengan kedudukan 3-6.

 

Bagi Berdych yang bertinggi 196 cm itu, kemenangan sensasional atas Federer ini menjadi kemenangannya yang keempat dari tujuh pertemuan terakhir, termasuk saat unggul di perempatfinal Wimbledon 2010 lalu.

 

Pada semifinal, Berdych akan menghadapi unggulan ketiga asal Inggris Raya Andy Murray. Petenis yang menempati unggulan ketiga itu, berhasil lolos setelah mengalahkan Marin Cilic di pertandingan sebelumnya.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini