nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Wanita Bisa Bersaing di F1"

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Selasa 28 Agustus 2012 21:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 08 28 37 681914 MvKJJM7hlJ.jpg Damon Hill. (Foto: Getty Images)

LONDON – Banyak wanita yang mencoba untuk berkarier di Formula One (F1) dalam beberapa tahun terakhir. Namun, mantan juara dunia, Damon Hill percaya suatu saat nanti akan ada pembalap wanita yang bisa membalap di F1.

 

Maria-Teresa de Filippis merupakan pembalap wanita pertama yang membalap di kejuaraan dunia balap mobil ini. Sedangkan Lella Lombardi, menjadi pembalap wanita pertama yang mencetak poin di F1 setelah finis di peringkat enam Grand Prix Spanyol 1975.

 

Sejak saat itu, belum ada pembalap wanita lagi yang mampu membalap di F1. Davina Galica, Desire Wilson dam Giovanna Amati semua gagal untuk kualifikasi membalap mulai 1976 sampai 1992. Terakhir nama Maria de Villota sempat diharapkan bisa menembus F1.

 

Namun, pembalap asal Spanyol itu mengalami nasib sial setelah mengalami kecelakaan parah. Kini, nama pembalap DTM Susie Wolff, disebut-sebut tengah bersiap untuk melakukan tes bersama tim Williams. Hill percaya seorang wanita akan membalap di F1 suatu saat nanti.

 

“Mungkin itu hanya sekedar nomor, mungkin tidak cukup wanita yang terpilih untuk berkarier di F1 dan pada akhirnya suatu saat seseorang wanita akan membalap di F1. Mereka akan memperlihatkan memiliki kemampuan sama dengan laki-lagi,” kata Hill, sebagaimana dilaporkan Crash, Selasa (28/8/2012).

 

“Sangat sulit di olahraga ini, wanita tidak memiliki kategori mereka sendiri. Namun, pembalap wanita yang berbicara dengan saya tidak mau kategori sendiri. Mereka ingin menunjukkan mereka bisa bersaing dengan pria,” tandasnya.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini