Timnas Muda Tantang China Taipei di Hari Kemerdekaan

Muhammad Saifullah , Jurnalis · Selasa 14 Agustus 2012 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 14 36 677709 aSCFr3KT9w.jpg

SURABAYA – Tim Nasional Muda Basket Indonesia akan merayakan kemerdekaan RI ke-67 dengan cara berbeda. Pada hari kemerdekaan itu Timnas Muda akan berjuang menaklukkan China Taipei di laga perdana 22nd FIBA Asia Under 18 Championship, di Central Sport Hall Ulan Bator, Mongolia.

 

Mengalahkan China Taipei akan menjadi kado kemerdekaan yang luar biasa. Sebab, China Taipei bukan lawan enteng. Mereka menduduki peringkat ketiga di kejuaraan yang sama, 2010 lalu. Tapi momen kemerdekaan membuat Timnas Muda memiliki motivasi lebih.

 

Nathaniel 'Nath' Canson, pelatih kepala mengakui China Taipei bukan lawan enteng. Tapi dengan persiapan yang sudah dilakukan, dia optimistis anak asuhnya bisa berbicara banyak. Menurutnya, hanya kerja keras yang akan membawa Timnas Muda pada kemenangan.

 

“Tim China Taipei sekarang tentu beda dengan dua tahun silam, saat mereka meraih juara ketiga. Namun, mereka tetap salah satu unggulan juara. Kami harus bekerja ekstra keras jika ingin mengalahkan mereka,” kata Nath, Selasa (14/8/2012)..

 

Timnas Muda sendiri tergabung di Grup C pada babak penyisihan. Selain China Taipei, Timnas Muda juga akan menghadapi Bahrain dan Mongolia. Tiga tim dari babak penyisihan akan lolos putaran berikutnya. Sukses mengalahkan China Taipei akan membuka peluang Timnas Muda menaklukan dua lawan lainnya.

 

Bagi Bahrain, ini adalah partisipasi pertama mereka di turnamen sejak 30 tahun lalu. Sementara Mongolia belum sekalipun merasakan kompetisi ini. Indonesia sendiri sudah absen dari kejuaraan ini selama 17 tahun. Indonesia terakhir kali berlaga pada 1995, di Manila, Filipina, dan menempati urutan delapan.

 

CEO Timnas Muda Azrul Ananda mengungkapkan, pihaknya berharap hasil terbaik. Terutama setelah pengorbanan besar melewatkan liburan Hari Raya bersama keluarga untuk berada di Mongolia. Terlebih persiapan untuk menghadapi kejuaraan sudah disiapkan dengan baik.

 

“Tapi kami tetap realistis. Basket Indonesia sedang menata fondasi baru. Timnas Muda ini adalah langkah pertama,” kata Azrul. Rombongan Timnas Muda bertolak ke Ulan Bator, Mongolia, hari ini, setelah menjalani pemusatan latihan di Surabaya.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini