Share

Olimpiade London 2012 Resmi Ditutup

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Senin 13 Agustus 2012 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 13 254 676884 VRAWq6g6Yw.jpg Pertunjukan kembang api spektakuler menjadi penutup dari Closing Ceremony Olimpiade London 2012/Daily Mail

LONDON - Perhelatan Olimpiade London 2012 resmi berakhir setelah Upacara Penutupan yang meriah dan spektakuler berlangsung dinihari tadi. Bertajuk Simphony of British Music, Closing Ceremony menampilkan ekspor kultural terbaik Inggris dalam 50 tahun terakhir.

 

Disutradarai Stephan Daldry, puluhan ikon musik Negeri Ratu Elizabeth tumpah ruah di hadapan 80 ribu penonton yang memadati Olympic Stadium. Dari Queen, Spice Girls, George Michael, The Who, Muse, Take That, Fatboy Slim, Kaiser Chiefs, One Direction, Jessie J, hingga Beady Eye jadi pengisi acara.

 

Secara tradisional, Upacara Penutupan merupakan kesempatan untuk merayakan apa yang telah diraih para atlet. Ketua Olimpiade London 2012 Lord Sebastian Coe mendeskripsikan malam tadi sebagai “Pesta, pesta, pesta.”

 

Sekira 10 ribu atlet dari 204 negara yang untuk pertama kalinya hadir berdasarkan cabang olahraga bukan negara asal membentuk simbol Union Jack, lambang bendera Inggris Raya, di tengah lapangan Olympic Stadium.

 

Acara yang diperkirakan disaksikan oleh 300 juta penonton di seluruh dunia ini dibuka dengan simbol-simbol Kota London seperti Jam Big Ben, Katedral St Paul, Tower Bridge, hingga Battersea Power Station yang semuanya dibungkus dengan kertas koran.

 

Para atlet dan penonton lantas bersorak saat Pangeran Harry yang datang mewakili Ratu Elizabeth tiba di Stadion bersama Presiden IOC Jacques Rogge dan semuanya kompak mengumandangkan lagu kebangsaan Inggris Raya.

 

Setelah itu pesta pun dimulai. Satu per satu artis tampil tanpa henti selama tiga setengah jam sejak Minggu malam pukul 21.00 waktu setempat atau Senin dinihari pukul 03.00 WIB. Di akhir upacara, Walikota Rio de Janeiro Eduardo Paes menerima bendera IOC dari tangan walikota London Boris Johnson pertanda tuan rumah Olimpiade berikutnya pada 2016 mendatang.

 

Pertunjukan kembang api spektakuler dari Olympic Stadium dan Olympic Park lantas menjadi selebrasi terakhir dari Closing Ceremony. “Sampai jumpa di Rio de Janeiro 2016,” kata Boris Johnson.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini