Share

Zhou Pecahkan Rekor Angkat Besi Putri

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2012 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 06 254 673596 JDTCJIbGGn.jpg Zhou Lulu ciptakan rekor baru Olimpiade. (Foto: Reuters).

LONDON – Rekor baru kembali tercipta di ajang Olimpiade London. Kali ini, rekor baru tercipta atas nama atlet angkat besi Zhou Lulu di kelas 75 kg putri.

 

Bertanding di kelas 75 kg putri menghadapi atlet angkat besi Tatiana Kashirina, Zhou tampil sangat perkasa sekali. Untuk total angkatan snatch, Zhou berhasil membuat total angkatan 151 kg. Hasil itu merupakan rekor baru di Olimpiade.

 

Keperkasaan Zhou tidak berhenti sampai disitu saja. Untuk clean and jerk, total angkatan Zhou mencapai 187 kg yang kembali menjadi rekor baru di Olimpiade. Praktis, total angkatan Zhou untuk hari ini adalah 333 kg.

 

Seluruh penonton yang memadati London's ExCel arena, terpana melihat keperkasaan Zhou ini. Kashirina sendiri harus puas mendapatkan medali perak, setelah gagal menyamai angkatan Zhou di percobaan terakhir.

 

Dengan demikian, maka Kashirina hanya mengumpulkan sekitar 332 kg total angkatan, atau hanya kalah 1 kg dari Zhou. Untuk medali perunggu direbut oleh Hripsime Khurshudyan, yang mengumpulkan total angkatan 294 kg.

 

Kendati demikian, China gagal menyamai prestasi di Beijing untuk cabang olahraga angkat besi ini. Saat itu, Negeri Tirai Bambu berhasil mendapatkan delapan medali emas dan satu medali perak.

 

“Saya bisa katakan kami gagal menjalankan misi karena angkat besi putra gagal mendapatkan medali emas di dua nomor,” sesal Zhou, sebagaimana diberitakan Eurosport, Senin (6/8/2012).

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini