Timnas Muda Seleksi 20 Pemain

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 23 Juli 2012 23:36 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 23 36 667417 tGV6aiyCNn.jpg Foto: Wikipedia

SURABAYA - Tidak lama lagi, Tim Nasional Muda Indonesia akan berlaga di 22nd FIBA Asia U18 Championship, di Ulan Bator, Mongolia. Sebanyak 20 pebasket muda pun dipanggil untuk mengikuti seleksi.

Untuk bersiap menyongsong kompetisi yang akan berlangsung pada 17-26 Agustus tersebut, pemusatan latihan kembali diselenggarakan di Surabaya mulai 23 Juli hari ini. Selanjutnya, dari 20 nama yang dipanggil, akan disusutkan menjadi 12 pemain yang akan berangkat ke Mongolia.

Dari 20 pemain yang dipanggil, sebagian besar dari anggota tim yang berlaga di ajang 8th SEABA U18 Championship di Singapura, akhir Juni lalu. Ditambah dengan lima pemain dari Development Basketball League (DBL) Indonesia All-Star 2012, yang baru dibentuk usai DBL Camp di Surabaya pada 5 Juli lalu. Plus beberapa lagi pemain, termasuk yang sebelum ini pernah ikut seleksi Timnas Muda. Semua akan diseleksi langsung oleh Nathaniel “Nath” Canson, pelatih Timnas Muda.

“Untuk kali pertama dalam 17 tahun, Indonesia akan berlaga di FIBA Asia. Ini adalah momen membanggakan. Karena itu, pemilihan tim harus lebih baik lagi, belajar dari kejuaraan SEABA sebelumnya,” kata Azrul Ananda, direktur PT DBL Indonesia yang juga CEO Timnas Muda, dalam rilis yang diterima Okezone.

Bersama PP Perbasi, PT DBL Indonesia memang sepakat untuk menerapkan sistem promosi dan degradasi. “Sistem seperti ini harus terus dilakukan. Melalui seleksi ini, kami ingin mendapatkan komposisi tim yang ideal untuk kejuaraan FIBA Asia,” ucap Danny Kosasih, manager Timnas Muda.

Danny menambahkan, lawan yang dihadapi oleh Timnas Muda di turnamen tersebut bakal jauh lebih berat daripada sebelumnya. ”Negara-negara dengan tradisi basket hebat seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Lebanon bakal menjadi pesaing terberat di turnamen itu. Peningkatan kualitas permainan mutlak diperlukan jika ingin mengimbangi negara-negara tersebut,” tambah Danny.

Para pemain pun tak sabar memberikan yang terbaik. Ricky Kartika Istiadi, salah satu pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi, berjanji bakal berusaha maksimal agar masuk dalam roster Timnas Muda. Sebelumnya, dia pernah tercoret.

”Saya tak ingin kembali mengulang kegagalan tersebut. Bekal latihan selama mengikuti DBL Camp (camp basket pelajar terbesar di Indonesia yang digelar di Surabaya, Red) pada awal Juli lalu mampu meningkatkan penampilan saya. Progress tersebut akan saya tunjukkan dalam seleksi tersebut,” ucap MVP putra DBL Camp 2012, yang digembleng oleh pelatih-pelatih top Australia plus mantan-mantan bintang NBA tersebut.

Berikut 20 Pemain yang masuk seleksi:

Nama --- (Posisi) --- Asal

Jan Misael Panagan (G) SMAN 9 Bandung

Jeff Bryan Gabriel Lapian (F) SMA Trinitas Bandung

Laurent Kokodiputra (G) SMA Trinitas Bandung

Hans Abraham (G) SMA PSKD 1 Jakarta

Kristianto Halim (C) SMA IPH Surabaya

Laurentius Steven Oei (F) SMA St Louis 1 Surabaya

Avan Seputra (F) SMA IPH Surabaya

Yerikho Christphor Tuasela (G) SMA Santa Agnes Surabaya

Vincent Rivaldi Kosasih (C) SMA BPK Penabur Jakarta

Julius Caesar Wongso (F) SMA Santu Petrus Pontianak

Bayu Cahyo Perwira (G) SMAN 14 Semarang

Andre Adrianno (G) SMA Karangturi Semarang

Katon Adjie Baskoro (F) SMAN 22 Jakarta

Farhans Hariz (F) SMAN 22 Jakarta

Kevin Yonas Argadiba Sitorus (C) SMA Kanaan Banjarmasin

Ricky Kartika Istiadi (G) SMAN 1 Denpasar

Nuke Tri Saputra (F) SMAN 14 Semarang

Rivaldo Tandra Pangesthio (F) SMA Santu Petrus Pontianak

Kennard (F) SMA Trinitas Bandung

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini