Red Bull Diinvestigasi Pengawas Lomba

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Minggu 22 Juli 2012 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 22 37 666798 ZE0yDknMsN.jpg Sebastian Vettel dan Mark Webber berpotensi dikenai penalti/AP Photo

HOCKENHEIM – Red Bull tengah dalam investigasi pengawas lomba setelah diduga melanggar peraturan pada kualifikasi Sabtu kemarin. Mesin yang digunakan Red Bull dinilai menyalahi regulasi teknis.

 

Dalam pernyataan yang dirilis delegasi teknis FIA Jo Bauer diketahui level torsi pada putaran mesin menengah pada mobil RB8 milik Sebastian Vettel dan Mark Webber telah dikurangi. Hal ini melanggar artikel 5.5.3 pada regulasi teknis Formula 1 musim 2012.

 

Pengawas lomba kini masih berdiskusi guna mengambil keputusa apakah kedua mobil tersebut akan dikenai penalti atau tidak. Sebelumnya, Webber sudah terlebih dulu dikenai penalti penurunan start lima posisi setelah mengganti gearbox sebelum waktunya.

 

“Setelah mempelajari gambar torsi mesin pada mobil nomor 1 dan 2 diketahui bahwa keluaran torsi maksimum pada kedua mobil tersebut amat berkurang saat perputaran mesin menengah dibanding event-event sebelumnya,” kata Bauer seperti dikutip dari Autosport, Minggu (22/7/2012).

 

“Menurut pendapat saya ini merupakan pelanggaran bagi artikel 5.5.3 dari regulasi teknis Formula 1 musim 2012 di mana mesin mampu memberi torsi lebih banyak saat putaran mesin menengah,” tegas Bauer.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini