nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lorenzo Bicara Kecepatan Motornya

Achmad Firdaus, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2012 17:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 07 18 38 665179 osGCfXdV10.jpg Momen sebelum Lorenzo menyalip Pedrosa dan memenangi GP Italia (Foto: Getty Images)

MUGELLO - Seri balap MotoGP di Mugello, Italia, menjadi tolok ukur kecepatan motor masing-masing pembalap. Pembalap sekaligus kandidat juara musim ini Jorge Lorenzo pun memberikan penilaian terkait performa kuda besinya.

Tahun lalu, sesi MotoGP Mugello menjadi seri yang mencatatkan kecepatan tertinggi dari setiap tim di kalender MotoGP. Saat itu, empat motor Ducati menggenggam catatan waktu tercepat, diikuti tiga wakil Honda dan satu Suzuki, sementara Yamaha hanya berada di urutan ke-9.

Namun, di tahun ini, Yamaha pantas berbangga. Beralihnya mesin dari 800 ke 1000cc disertai pengembangan yang dilakukan, Yamaha sukses menempatkan empat motornya (dua pabrikan dan dua satelit) dalam daftar tujuh motor dengan kecepatan paling tinggi.

Yamaha juga sukses mereduksi gap kecepatannya dengan Ducati. Jika tahun lalu Yamaha tertinggal hingga 8km/jam, di musim 2012 ini mereka hanya terpaut 2 km/jam saja.

Sekadar informasi, pada seri Mugello kemarin, kecepatan maksimal Lorenzo tercatat di angka 344,1 km/jam, sementara kecepatan maksimal yang dicatatkan Pedrosa 342,5 km/jam. Sementara itu, Ducati masih menyandang predikat tim tercepat dengan waktu 346, 9 km/jam yang dicatatkan Valentino Rossi.

Ditanya soal resep sukses timnya mampu meningkatkan kecepatannya secara signifikan, Lorenzo mengatakan bahwa perubahan aerodinamika jadi salah satu kunci suksesnya.

“Secara umum, mesin yang kami gunakan sejak musim ini sama. Satu hal mungkin membedakan adalah, kami mengalami peningkatan di sisi aerodinamika,” tutur Lorenzo dikutip Crash, Rabu (18/7/2012).

“Kini, kami punya paket aerodinamika yang bagus dan itu mendukung saat dalam kecepatan tinggi menjelang ujung dari trek lurus. Selain itu, sirkuit Mugello juga trek yang bagus buat kami, karena tikungan akhirnya cukup cepat, sehingga kami tidak butuh terlalu banyak berakselerasi,” sambungnya.

“Terlepas dari itu, tahun ini kami punya mesin yang bagus, jauh lebih bagus dari tahun lalu. Akselerasi juga sangat baik. Tapi, kami masih terus mengutak-atik mesin dan sasis untuk mendapatkan traksi dan kecepatan yang lebih baik,” pungkas Lorenzo yang jadi pemenang di Mugello.

Imbas dari peningkatan kecepatan motornya, Lorenzo kini tak pernah absen naik podium di sepanjang musim ini –kecuali di Assen, Belanda ketika mengalami kecelakaan-. Alhasil, Lorenzo kini nyaman di puncak klasemen sementara MotoGP dengan keunggulan 19 poin dari rival terdekatnya, Pedrosa.

(acf)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini