Share

Hanya Runner-Up, Alonso Tak Kecewa

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 09 Juli 2012 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 09 37 660486 lWcWJgn3x0.jpg Fernando Alonso berada di podium bersama juara GP Inggris, Mark Webber (Foto: Getty Images)

SILVERSTONE - Fernando Alonso harus puas hanya finis kedua pada F1GP Inggris, meski tampil dominan di separuh jalannya balapan. Meski gagal menang, namun pembalap Ferrari ini mengaku tidak kecewa.

Alonso mengawali start pada balapan di Sirkuit Silverstone, Minggu malam tadi, sebagai pole-seater. Selepas lampu hijau menyala, penyandang dua kali gelar juara dunia ini mampu melejit dan terus memimpin jalannya balapan.

Sayang, memasuki akhir-akhir balapan, Alonso tidak mampu mempertahankan konsistensinya dalam memacu mobilnya. Kecepatannya mulai menurun, seiring kondisi ban (soft) yang mulai tergerus habis, sehingga tidak bisa mencengkram dengan baik lintasan.

Alhasil, Mark Webber dari tim Red Bull Racing yang berada di belakangnya, sukses memangkas jarak hingga klimaksnya meng-overtake Alonso saat balapan menyisakan beberapa lap. The Spaniard pun harus puas menempati podium dua, di belakang Webber yang tampil sebagai pemenang.

“Saya cukup bahagia finis kedua. Setelah melintasi garis finis dan mendapati bahwa saya sempat memimpin balapan, sempat ada perasaan aneh ketika menyadari saya gagal menang,” ujar Alonso dikutip Autosport.

“Tapi, saya yakin dalam satu jam saya akan lebih bahagia lagi,” sambungnya menyatakan bahwa dirinya tidak menyesal dengan kesalahan tim dalam memilih ban.

Alonso mengaku tidak terlalu kecewa gagal menang di Silverstone karena mendapati mobilnya kini mampu tampil kompetitif. Lebih dari itu, posisinya di puncak klasemen sementara pembalap juga masih aman meski Webber (di posisi dua) sukses memangkas jarak dari 20 menjadi hanya 13 poin.

“Kami masih di sana (puncak klasemen) dan itu adalah target utama kami. Hari ini, kami kehilangan tujuh poin dari Mark (Webber), tapi kami mendapatkan ekstra poin dalam hal perkembangan mobil di lintasan,” imbuh juara dunia 2005 dan 2006 ini.

“Mobil tampil apik di Valencia dan di sini (Silverstone). Kedua sirkuit ini punya karakter trek yang berbeda. Jadi, kami cukup puas bahwa mobil mampu tampil kompetitif di berbagai lintasan. Meski begitu, kami masih harus bekerja keras untuk bisa lebih cepat lagi, terutama di beberapa kondisi tertentu,” pungkas pembalap yang jadi pemenang pada seri sebelumnya di Valencia.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini