Pencak Silat Jabar Latihan Intensif di Bulan Puasa

Panji Qadhafi, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2012 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 43 658775 gPpVUQBBXd.jpg Logo PON Riau (foto: Ist)

BANDUNG - Tiga bulan menjelang perhelatan akbar multi event Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII, tim Pelatda Pencak Silat Jawa Barat intensifkan latihan di bulan puasa.

 

Pelatih Pencak Silat Jabar Ika Lesmana mengatakan, untuk bulan Ramadhan atlet tetap berpuasa, meski dalam keadaan lemas. Karena tidak ada waktu lagi untuk mengintensifkan latihan, seiring penyelenggaraan yang akan digelar pada September nanti.

 

Namun, tim pelatih bakal membuat program latihan dengan porsi latihan dan asupan gizi yang sesuai untuk para atletnya. Selain itu, rencananya intensitas yang diberikan minimal sama dengan program-program sebelumnya, yaitu latihan sebanyak dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

 

“Tidak ada penurunan intensitas latihan, minimal porsi latihan yang diberikan sama dengan sebelumnya,” ucap Ika Lesmana.

 

Ika tidak khawatir, penggenjotan latihan di bulan puasa mengakibatkan kondisi para atlet menurun. Pasalnya di Pelatnas pun menjelang kejuaraan dunia, digenjot pada bulan puasa.

 

“Program intensif latihan pada bulan puasa ini sudah biasa dilakukan. Bahkan di Pelatnas juga seperti itu,” singkatnya.

 

Rencananya tim Pelatda Silat Jabar juga akan melakukan latih tanding dengan mengunjungi Padang yang direncanakan pada tanggal 12 hingga 15 Juli mendatang.

 

"Awalnya kami akan uji tanding ke tiga daerah, yaitu Riau, Palembang, dan Padang. Namun dikarenakan keterbatasan pendanaan, latih tanding hanya akan dilakukan di Padang saja," kata Ika Lesmana di Pengda IPSI, Jabar.

 

Untuk menyiasatinya, Jabar sudah menghubungi tim Pencak Silat Riau untuk datang juga ke padang. Menurut Ika dikabarkan DKI Jakarta juga akan turut hadir ke padang untuk latih tanding tersebut.

 

“Latih tanding dengan tim-tim kuat dari daerah lain, sebagai bentuk evaluasi dan mengasah kemampuan para atlet yang selama ini melakukan sentralisasi dan merupakan latih tanding pamungkas sebelum PON,” ungkap Ika.

 

Para pesilat Jabar telah membulatkan tekad untuk memperbaiki prestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/ 2012 di Riau, September mendatang. Ika Lesmana menilai, para pesilat Jabar bisa memperbaiki prestasi di PON XVIII mendatang dan optimistis mencapai target yang telah dicanangkan.

 

Pada PON XVII/ 2008 di Samarinda Kaltim lalu, tim puteri Jabar hanya meraih satu medali. Namun untuk PON Riau mendatang, Pencak Silat memang dibebani 5 medali emas. Target ini sebagai upaya mengembalikan kejayaan Pencak Silat Jabar.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini