Hasil Lengkap Babak Pertama DIOSS

Achmad Firdaus, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2012 02:49 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 14 40 646906 qxvPNxTcqR.jpg Tontowi/Liliyana mulus ke babak kedua DIOSS 2012 (Foto: Getty)

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia mengawali kiprah di Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 dengan cukup baik. Sejumlah andalan berhasil melewati hadangan lawan masing-masing di babak pertama, Selasa (13/6/2012).

Sony Dwi Kuncoro yang tampil lewat jalur kualifikasi, membuat kejutan besar dengan menumbangkan unggulan asal Denmark Peter Gade. Lewat pertarungan tiga game, Sony yang baru saja tampil sebagai juara Thailand Open sukses meraih kemenangan 14-21 21-7 21-18 .

Sukses Sony juga diikuti pebulutangkis senior lainnya, Taufik Hidayat yang sukses menundukkan juniornya Andre Kurniawan Tedjono yang lolos dari babak kualifikasi. Taufik menang dua game langsung, 21-18 21-19. Sayang, di babak kedua besok, Taufik harus berhadapan dengan Sony.

Di nomor tunggal putra lainnya, Simon Santoso juga tidak mengalami kendala berarti saat menyingkirkan pebulutangkis kualifikasi, Sourabh Varma asal India dengan kemenangan 21-18 21-14. Pada babak kedua nanti, Simon yang menempati unggulan ketujuh akan berhadapan dengan pebulutangkis China Taipei, Wong Wing Ki.

Turut melaju ke babak kedua adalah Dyonisius Hayom Rumbaka yang menang atas pebulutangkis Jepang, Sho Sasaki. Lewat pertarungan sengit tiga game, Hayom menang 11-21 21-17 24-22. Di babak kedua, Hayom akan berhadapan dengan pebulutangkis India, Ajay Jayaram.

Sayang, langkah gemilang Taufik, Sony, Simon dan Hayom gagaL diikuti Tommy Sugiarto. Putra dari pebulutangkis legendaris Indonesia Icuk Sugiarto harus tersingkir usai dikalahkan Nguyen Tien Minh asal Vietnam, lewat duel tiga game, 13-21 21-18 22-20.

Sementara itu, dari nomor ganda putra, Indonesia harus kehilangan salah satu andalannya, yakni Mohammad Ahsan/Bona Septano yang harus kandas di babak pertama usai kalah dari ganda Malaysia, Hoon Thien How/Tan Wee Kiong (21-16 19-21 21-17).

Meski demikian, Indonesia masih punya tujuh ganda putra di babak kedua. Mereka adalah Ronald Alexander/Selvanus Geh, Ricky Karanda Suwardi/Muhammad Ulinnuha, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan, Markis Kido/Hendra Setiawan, Rendra Wijaya/Rian Sukmawan, Andrei Adistia/Christopher Rusdianto dan Gideon Markus Fernaldi/Agripinna Prima Rahmanto Putra.

Di nomor ganda putri, Indonesia juga harus kehilangan salah satu andalannya Vita Marissa/Nadya Melati yang dikalahkan pasangan China, Huan Xia/Tang Jinhua 21-14 21-14. Namun, lima wakil lainnya sukses menembus babak kedua, yakni Komala Dewi/Jenna Gozali, Melvira Oklamona/Khaeriah Rosimini, Meiliana Jauhari/Greysia Polii, Gebby Imawan Ristiyani/Tiara Nuraidah Rosalia dan Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta.

Dari nomor ganda campuran, andalan utama Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tak kesulitan menembus babak kedua usai menumbangkan pasangan Jepang, Noriyasu Hirata/Miyuki Maeda. Lima ganda campuran Merah Putih lain juga turut melaju ke babak kedua seperti Hendra Setiawan/Vita Marissa, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati, Riky Widianto/Puspita Richi Dili, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini, dan pasangan kakak beradik, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth.

Terakhir dari nomor ganda putri. Di kategori ini, srikandi tumpuan Indonesia Adriyanti Firdasari harus angkat koper di babak pertama menyusul cedera saat berhadapan dengan pebulutangkis nomor satu dunia, Wang Yihan. Firda memutuskan mundur di game pertama saat kedudukan sama kuat 7-7.

Hasil minor lain juga dicatat Maria Febe Kusumastuti yang kalah dari pemain India, Sindhu P. V. Lewat pertarungan ketat tiga game 13-21 21-18 21-19. Dengan tersingkirnya dua andalan tersebut, Indonesia kini hanya punya satu wakil di babak kedua. Dia adalah Aprilia Yuswandari yang lolos dari babak kualifikasi. Namun di babak kedua, Aprilia harus menghadapi lawan tangguh, yakni juara Indonesia Open 2009 Shania Nehwal asal India.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini