Juara di Roland Garros, Nadal Cetak Sejarah

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 11 Juni 2012 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 11 39 645381 w2WVmzW8Ld.jpg Foto: Rafael Nadal menggenggam trofi French Open (Foto: Getty Images)

PARIS - Rafael Nadal mencatatkan sejarah baru di dunia tenis. Kemenangannya atas Novak Djokovic di French Open membuatnya tampil sebagai satu-satunya petenis yang mampu juara tujuh kali di Roland Garros.

Setelah sempat tertunda sekira satu hari, dan beberapa menit pada laga lanjutan di siang tadi akibat hujan, Nadal akhirnya berhasil menuntaskan perlawanan petenis nomor satu dunia itu. Kemarin, laga terpaksa dihentikan pada kedudukan 2-1 untuk keunggulan Nadal, dan siang tadi, saat dalam posisi unggul 5-4 di set keempat, laga kembali ditunda.

Setelah ditunda beberapa menit, laga kembali dilanjutkan. Dan Djokovic sempat memberikan perlawanan dengan menyamakan kedudukan 5-5. Namun, impian Nole -julukan Djokovic- merebut titel pertamanya di French Open harus buyar lantaran Nadal menunjukkan keperkasaannya dengan memenangi dua game berikutnya.

Lewat pertarungan empat set 6-4, 6-3, 2-6 dan 7-5, The Spaniard sukses mengklaim gelar juara ketujuhnya.

Sukses ini praktis membuat Nadal menciptakan sejarah baru di dunia tenis. Dengan koleksi tujuh gelar juara, Nadal sukses melewati pencapaian petenis legendaris asal Swedia, Bjorn Borg yang memenangi enam titel juara di Roland Garros. Kini, Nadal mengklaim dirinya sebagai satu-satunya petenis dalam sejarah yang mampu merengkuh trofi juara di Roland Garros.

Dominasi Nadal di lapangan tanah liat Roland Garros diawalinya pada tahun 2005 di mana dia tampil sebagai juara yang terus dilanjutkannya hingga tiga tahun berikutnya (2005, 2006, 2007 dan 2008). Sayang, prestasi membanggakan tersebut gagal dilanjutkannya pada 2009.

Petenis kelahiran Manacor, 3 Juni 1986 ini harus angkat koper usai dikalahkan Robin Soderling pada putaran empat. Namun, Nadal langsung bangkit di tahun berikutnya dan kembali melanjutkan hegemoninya dengan memenangi French Open 2010 dan 2011. Dan kini, dia memastikan diri masuk dalam buku sejarah tenis dunia dengan memenangi Grand Slam French Open 2012 untuk kali ke tujuh.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini