Alonso Bela Strategi Pit-Stop Ferrari

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 11 Juni 2012 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 11 37 645055 Ga6NQxUVEi.jpg Foto: Alonso saat keluar dari garasi Ferrari/Getty Images

MONTREAL - Fernando Alonso gagal meraih prestasi di GP Montreal, Kanada, malam tadi. Meski demikian, pembalap Ferrari ini enggan menyalahkan timnya.

Alonso tampil cukup baik pada balapan yang digelar di Sirkuir Montreal. Pembalap asal Spanyol ini sempat bertarung di garis depan hingga jelang lomba berakhir. Bahkan, hingga 18 lap tersisa, Alonso masih bertarung ketat dengan Hamilton dalam memperebutkan posisi terdepan.

Sayang, Ferrari melakukan kesalahan dalam menentukan strategi pit-stop. Di saat Hamilton masuk pit untuk mengganti ban, Ferrari justru menginstruksikan Alonso untuk tetap melanjutkan lomba. Strategi satu kali pit-stop ini kontan membuat Alonso keteteran melakoni sisa balapan.

Ban yang terus terkikis membuat Alonso mulai kehilangan kecepatan, karena sulit mempertahankan cengkeraman pada mobil. Alhasil, perlahan posisinya mulai tergerus hingga akhirnya hanya mampu finis di urutan lima, kalah dari Hamilton yang tampil sebagai pemenang dengan strategi dua kali pit.

“Saya baik-baik saja. Kami mencoba memenangi balapan. Dengan 18 lap tersisa, Hamilton masuk pit dan kami tetap di lintasan untuk meng-cover Sebastian (Vettel) atau kami ikut berhenti (mengambil pit-stop) dan melihat apa yang terjadi,” ujar Alonso sebagaimana dikutip Autosport, Senin (11/6/2012).

“Jika mengikuti Hamilton (masuk pit), kami mungkin akan keluar pit di posisi empat dan kemudian dengan degradasi ban yang terjadi pada Romain Grosjean, kami mungkin finis keempat. Kami pikir, itu merupakan kesalahan besar (untuk mengambil pit dua kali),” sambungnya.

“Jadi, kami mengambil keputusan untuk memenangi balapan dan sayangnya itu tidak bekerja dengan baik. Bukan karena strategi, tapi karena degradasi ban. Jadi, ini bukan perkara kami salah menentukan strategi pit-stop,” lanjut dua kali juara dunia itu.

Dengan hasil ini, Alonso pun harus rela kehilangan posisinya di puncak klasemen sementara pembalap. Alonso harus turun ke urutan dua klasemen dengan koleksi 86 poin, atau tertinggal dua angka dari Hamilton yang kini bertengger di pucuk klasemen. Namun, hal itu ternyata tak membuat Alonso gusar.

“Semuanya positif. Strategi yang kami terapkan cukup positif, hasilnya juga. Poin yang kami raih juga positif. Saya akan tampil lebih baik di balapan berikutnya,” pungkasnya.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini