Perez: Start 15, Finis Podium? Ini Luar Biasa!

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 11 Juni 2012 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 11 37 644905 aZXYS3f6BR.jpg Sergio Perez di podium Montreal (Foto: Getty Images)

MONTREAL - Pembalap Sauber Sergio Perez masih belum yakin dirinya benar-benar naik podium pada seri F1GP Montreal, Kanada. Pembalap muda Meksiko ini menilai hasil tersebut benar-benar di luar ekspektasinya.

Perez pantas terkejut dengan kesuksesannya ini, pasalnya, dia memulai balapan dari posisi belakang (15). Namun, berkat performa tanpa cela yang ditunjukkannya ditambah strategi yang tepat dari tim Sauber, Perez sukses menuntaskan dendamnya kepada Fernando Alonso yang mengalahkannya di GP Malaysia. Saat itu, Perez harus puas finis kedua di belakang Alonso yang jadi juara di Sepang.

Di Sirkuit Montreal, Perez menunjukkan kualitasnya sebagai pembalap muda bertalenta. Terus-menerus menebar teror, Perez akhirnya mampu menyalip Alonso di lap-lap akhir sebelum akhirnya mengamankan podium keduanya musim ini. Perlu diketahui, baik Perez dan Alonso sama-sama menggunakan strategi satu kali pit-stop.

“Jujur, naik podium adalah hal terakhir yang terlintas dalam pikiran anda jika memulai balapan dari urutan 15,” tutur Perez dikutip Autosport, Senin (11/6/2012).

“Kami tampil cukup agresif, perhentian pertama (pit-stop) berjalan cukup bagus. Kami berhasil melakukan manuver hebat dan menyalip beberapa mobil. Lalu, kemudian saya melihat degradasi pada ban tidak terlalu parah. Jadi, saya bisa terus meningkatkan kecepatan dan terus meng-overtake beberapa pembalap (termasuk Alonso),” sambungnya.

Hasil ini menjadi podium kedua yang diraihnya setelah sebelumnya finis kedua di GP Malaysia. Dengan hasil ini, Perez nangkring di urutan sembilan klasemen sementara pembalap dengan raihan 37 poin.

“Ini hasil yang bagus buat tim, setelah kemarin mengalami hari yang buruk (kualifikasi). Kami banyak memiliki masalah pada rem, dan hari ini kami justru mampu naik podium. Ini jelas dorongan yang besar buat tim,” imbuh pembalap yang baru musim lalu tampil di ajang F1.

“Setelah Malaysia, ini adalah kali kedua kami naik podium dan meraup poin besar. Saya harap, kami mampu terus melanjutkan ini,” pungkas pembalap 22 tahun ini.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini