Rebut Pole, Jawaban Red Bull Atas Tudingan Curang

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2012 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 10 37 644677 kzAJu8fod4.jpg Vettel usai merebut pole position GP Kanada (Foto: Getty)

MONTREAL - Red Bull Racing menjawab keraguan banyak kalangan yang menilai kesuksesan mereka karena melakukan kecurangan. Kesuksesan Sebastian Vettel menyabet pole position memberikan sinyal bahwa Red Bull tetap mampu tampil kompetitif.

Red Bull sempat dituding melakukan kecurangan lantaran modifikasi ‘lubang pada bagian kolong mobil RB8’. Ide yang menghasilkan kemenangan bagi Mark Webber pada seri terakhir di Monako tersebut pun divonis ilegal oleh FIA. Alhasil, Red Bull langsung melakukan perubahan demi mengakomodir regulasi.

Namun, perubahan itu ternyata tak serta merta membuat performa RB8 menurun seperti yang diperkirakan banyak kalangan. Red Bull tetap mampu tampil kompetitif, bahkan mampu menyabet pole position melalui pembalap andalannya, Sebastian Vettel pada kualifikasi GP Kanada di Sirkuit Montreal, Sabtu kemarin.

“Kami mengubah mobil, kami harus menutup luban itu. Tapi, mobil terlihat tetap mampu tampil baik meski tanpa lubang itu,” tutur Vettel dikutip Autosport, Minggu (10/6/2012).

“Ini bukan perkara lubang di kolong mobil yang membuat perbedaan. Sayang sekali hal itu (tudingan melakukan kecurangan) tidak terbukti. Kami tak pernah takut akan performa kami,” sambungnya.

“Kami tak pernah cemas hal itu akan memberikan dampak besar dalam performa mobil. Terbukti, kami mampu tampil kompetitif tanpa lubang itu, dan saya tetap menikmati menggeber mobil,” imbuh juara dunia dua musim terakhir ini.

Beralih ke balapan, Vettel berharap timnya mampu mempertahankan kinerja positif ini sehingga membawanya naik podium teratas untuk kali kedua di musim ini. Kemenangan di Kanada dipastikan bakal membawa Vettel (73 poin) kembali memuncaki klasemen sementara pembalap yang saat ini diduduki pembalap Ferrari, Fernando Alonso (76).

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini