nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gilas Celtic, Heat Melaju ke Final

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 10 Juni 2012 11:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 06 10 36 644522 cp0419IV96.jpg Trio bintang Heat merayakan sukses ke Final NBA (Foto: Daylife)

MIAMI – LeBron ‘King’ James menunjukkan performa fenomenal saat membantu timnya Miami Heat melangkah ke grand final NBA musim ini. Sempat tertinggal 11 poin, King James beraksi membawa Heat berbalik unggul untuk kemudian menang 101-88 (4-3), sekaligus merengkuh gelar juara wilayah Timur.

Laga antara Heat kontra Celtic memang berlangsung ketat sejak pertandingan pertama dalam format best of seven series. Heat sempat unggul 2-0 di dua game pertama, sebelum Celtics membalikkan keadaan menjadi 3-2 dengan memenangi tiga game berikutnya. Heat lantas membuat pertarungan makin ketat dengan memenangi game keenam (3-3). Game ke-7 pun jadi penentu.

Bermain di depan pendukungnya sendiri di AmericanAirlines Arena, Miami, Minggu (10/6/2012) pagi WIB, Heat selaku tuan rumah langsung memperagakan permainan menyerang dengan dimotori dua bintangnya, LeBron James dan Dwayne Wade (Chris Bosh disimpan di bench). Sementara Celtic juga tak lantas main bertahan. Trio Paul Pierce, Ray Allen dan Kevin Garnett memberikan perlawanan sepadan.

Setelah silih berganti mencetak poin, Celtic sukses menutup kuarter pertama dengan keunggulan 27-23 lewat jumper Rajon Rondo. Memasuki kuarter kedua, Heat langsung menggebrak dan menyamakan kedudukan lewat tembakan tiga angka Chris Bosh, 30-30. Akan tetapi, Celtic kembali menjaga jarak dan menutup paruh pertama laga dengan keunggulan tujuh angka (53-46) dan melebar jadi 11 poin di awal kuarter ketiga.

Namun, memasuki pertengahan kuarter ketiga, Heat mulai bangkit dan untuk pertama kali mampu melewati perolehan poin Celtic, lewat aksi Wade (63-62). Akan tetapi, Rondo beraksi di akhir kuarter ketiga untuk membawa Celtic kembali unggul sebelum Bosh memaksakan skor sama kuat 73-73 di akhir kuarter ketiga.

Memasuki 12 menit terakhir laga, Heat terus menunjukkan dominasinya. Gemuruh fans tuan rumah membuat Wade, James dan Bosh kian bersemangat terus menghujam ring Celtic, hingga akhirnya menutup laga dengan kemenangan meyakinkan 101-88. Ini merupakan kali kedua secara beruntun, Heat tampil di grand final NBA (tahun lalu gagal usai dikalahkan Dallas Macericks 4-2).

King James jadi pemain terbaik di kubu Heat pada laga kali ini. Mantan pemain Cleveland Cavaliers mencetak double-double 31 poin 12 rebound. Dwyane Wade tutut memberi sumbangsih dengan 23 poin, 6 rebound dan 6 assist. Sementara Chris Bosh yang tak masuk dalam starting line-up, mendonasikan 19 poin.

Sementara di kubu Celtic, Rajon Rondo tampil sebagai penampil terbaik dengan triple-double 22 poin, 10 rebound, 14 assist. Paul Pierce, Ray Allen, dan Kevin Gaernett masing-masing mencetak 19 poin, 15 poin dan 14 poin. Ini kemungkinan juga menjadi akhir era big four Celtic.

Di babak final nanti, Heat akan berhadapan dengan tim juara wilayah Barat, Oklahoma City Thunder. Game pertama dalam format best of seven series akan dimainkan di markas Thunder, 12 Juni 2012. Hasil ini juga memastikan akan hadir juara baru di pentas NBA.

(acf)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini