Jabar Ingin Tingkatkan Pastisipasi Wanita di Olahraga

Panji Qadhafi, Jurnalis · Sabtu 26 Mei 2012 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 26 43 636104 ZbwAteLz1O.jpg

BANDUNG- Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Jabar akan berupaya tingkatkan pertisipasi olahraga masyarakat kaum wanita hingga mencapai 50 persen. Pasalnya sampai saat ini tingkat partisipasi olahraga masyarakat Indonesia belum mencapai angka 15 persen, begitu juga dengan kondisi di Provinsi Jawa Barat.

 

"Menurut kajian di Kemenpora, tingkat partisipasi olahraga masyarakat saat ini, belum mencapai 15 persen dari seluruh penduduk Indonesia. Begitu juga di Jabar," ungkap Deputi Kementrian Pemuda dan Olahraga Bidang IPTEK, Agus Mahendra saat ditemui HATTRICK seusai membuka Lomba senam bugar Indonesia yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Perwosi Pengprov Jabar yang ke-45 kemarin.

 

Sampai tahun 2014, Perwosi diharapkan bisa meningkatkan pertisipasi masyarakat terutama kaum wanita terhadap olahraga sampai angka 50persen.

 

Agus menilai, Perwosi memimiliki peran strategis dalam upaya peletakan olahraga nasional. Sehingga dengan begitu, semakin banyak masyarakat kaum wanita yang melakukan olahraga.

 

Menurutnya, Perwosi merupakan penggerak wanita olahraga indonesia dan pendamping pemerintah dalam memajukan olahraga. Alhasil bisa berhasil memperlihatkan peran wanita yang menanamkan olahraga wanita sampai berkembang. Untuk itu masyarakat diminta untuk lebih aktif dan menyadari peran penting olahraga.

 

Peranannya tidak langsung dalam pembinaan prestasi.

Dalam undang-undang keolahragaan mengenal tiga runag lingkup keolahragaan, yaitu olahraga pendidikan, olahraga rekreasi dan olahraga prestasi. Perwosi sendiri berperan dalam dua ruang lingkup olahraga pendidikan dan olahraga rekreasi..

 

" Untuk meningkatkan partisipasi tersebut, juga tergantung daya dukung dan peran serta masyarakat dalam budaya olahraga yang dinilai masih kurang," kata Agus.

 

Sehingga untuk itu, dalam memajukan partisipasi masyarakat dari tiap lapisan terhadap olahraga sangatlah diperlukan.

 

" Karena kelemahan olahraga di kita, baik federasi maupun asosiasi olahraganya lebih konsentrasi pada olahraga prestasi dan melupakan dasar yang lainnya,sehingga menyebabkan sisi partisipasi olahraga masyarakat masih rendah,"tegasnya.

 

Ketua Pengda Perwosi Jabar, Shendy Yusuf menambahkan, dengan lebih meningkatnya partisipasi olahraga dari masyarakat diharapkan menjadi embrio kebangkitan olahraga indonesia terutama Jawa Barat.

 

Dirinya juga berpendapat, bahwa Perwosi tidak secara langsung mencetak atlet, namun menciptakan peningkatan partisipasi masyarakat kaum wanita terhadap olahraga.

 

"Kami tidak secara langsung mencetak atlet, namun meningkatkan partisipasi wanita dan olahraga,"kata Shendy kemarin.

 

Dalam upaya meningkatkan partisipasi olahraga masyarakat, Perwosi secara rutin menggelar event bulanan dan juga mingguan dengan merangkul masyarakat terutama kaum wanita untuk berolahraga.

 

"Salah satu upaya mencapai tujuan, kami secara rutin membuat event besar setiap bulannya dan evnt mingguan, baik itu mengadakan senam bugar berama, jalan sehat, senam aerobik, dance dan sbagainya," tegasnya.

 

Yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi jumlah wanita untuk berolahraga, serta mendorong dan menjadi penggerak kiprah olahraga masyarakat.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini