Image

Lanjutkan Dominasimu Sang Naga

A. Firdaus, Jurnalis · Minggu 06 Mei 2012, 13:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 05 06 263 624581 qxmUyyjUKo.jpg Chris John (foto: Getty Images)

PEMEGANG juara kelas bulu WBA, Chris John terus mengharumkan nama bangsa di kancah tinju dunia. Petinju berjuluk The Dragon itu sukses mempertahankan gelar, usai menaklukan Shoji Kimura dengan menang angka, Sabtu (5/5/2012) malam di Marina Bay, Singapura.

 

Petinju asli Banjarnegara ini memang selalu mencatatkan dirinya sebagai juara kala siapapun petinju dengan kelas serupa ingin menantangnya. Bahkan dari 47 bertanding, tercatat 22 kali dia taklukan lawannya dengan dibuat KO. Hebatnya lagi, petinju bertinggi 170 cm ini belum menemui kekalahan selama berkarier sebagai petinju professional.

 

Petinju Kolombia Oscar Leon menjadi petinju pertama yang merasakan hantaman-hantaman mematikan The Dragon kala keduanya bersua di Bali 2003 silam. Meski Chris John menang angka, namun ternyata momen itulah menjadi awal karier indahnya di ring tinju dunia.

 

Setahun kemudian, Chris John mengalami pertarungan berdarah akibat benturan kepala pada ronde keempat saat melawan petinju kidal asal Venezuela Jose Cheo Rojas. Pertandingan dihentikan dan hasilnya pun imbang.

 

Momen yang paling tak terlupakan dari petinju yang memiliki nama lengkap Yohannes Christian John adalah, pertarungan melawan mantan raja kelas bulu WBA dan IBF yang sangat ditakuti karena ketajaman pukulannya, yaitu Juan Manuel Marquez.

 

Beruntung dalam pertarungan 12 ronde yang super ketat, Sang Naga ternyata menang mutlak. Kemenangan ini juga menjadi kemenangan terbesar Chris John sepanjang kariernya.

 

Petinju yang beistrikan Anna Maria Megawati pun mendapat tantangan dari juniornya, Daud Cino Yordan asal Kayong, Kalimantan Barat dalam pertandingan di Jakarta International Expo, 17 April 2011 silam.

 

Chris John kembali berhasil menang angka dan pertandingan itu menjadi laga ke-14 Sang Naga mempertahankan gelar juara kelas bulu WBA yang diperolehnya sejak tahun 2003 lalu.

 

Kini setelah menaklukan Shoji Kimura dan sekaligus mempertahankan gelar ke-16nya masih adakah yang ingin menantangnya. Meski Sang Naga sudah melewati usia emasnya yang sudah menginjak usia 32 tahun. Tapi pesan dari bangsa ini adalah lanjutkan dominasimu Sang Naga menyanyikan lagu Indonesia Raya, siapapun lawanmu nanti.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini