GP Bahrain Takkan Merusak Imej F1

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Minggu 22 April 2012 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 22 37 616151 XJnMhYrfrC.jpg Jean Todt (kanan) yakin pelaksanaan balapan GP Bahrain sepanjang akhir pekan ini bakal berjalan lancar/Getty Images

MANAMA – Presiden FIA Jean Todt yakin pelaksanaan GP Bahrain takkan merusak imej Formula 1 karena merek F1 sudah melekat sangat kuat dan mengglobal.

 

Keputusan FIA untuk tetap menggelar balapan di Sirkuit Internasional Sakhir pada akhir pekan ini mendapat kritikan yang luas dari media karena meningkatnya eskalasi kekerasan di negara teluk tersebut.

 

“Saya rasa F1 sangat kuat. Saya pikir ini merupakan merek yang sangat kuat dan saya pikir semua orang yang saya ajak bicara mengaku sangat senang,” kata Todt seperti dikutip dari Autosport, Minggu (22/4/2012).

 

“Saya bahkan diberitahu saya akan membuat kesalahan bila tidak datang. Itulah yang dikatakan kepada saya oleh sebagian besar tim prinsipal,” lanjut Todt.

 

Todt mengaku sedih dengan cara media menggambarkan pelaksanaan GP Bahrain kali ini. Menurut bekas tim prinsipal Ferrari ini meningkatnya gelombang protes di negara monarki tersebut merupakan bagian dari proses demokrasi.

 

“Di negara demokrasi manapun, protes diizinkan. Itu memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk menyuarakan pendapat mereka dan itu terjadi di seluruh dunia,” sebut Todt.

 

Namun, Todt enggan mengomentari soal tewasnya sejumlah protes di beberapa tempat di Bahrain. Todt beralasan dia tidak memperoleh fakta dan info yang detil soal peristiwa tersebut.

 

“Saya tidak bisa berkomentar soal peristiwa yang tidak saya ketahui secara detil. Namun, saya tetap respek kepada media, saya menghormati apa yang mereka tulis,” tandas Todt.

 

Todt yakin bahwa gelaran GP Bahrain tahun ini akan lancar dan mulus. Todt melihat antusiasme dari orang-orang yang terlibat dalam ajang ini.

 

“Ketika kamu berbicara dengan orang-orang soal olahraga ini, mereka sangat senang dan antusias. Marshals misalnya mereka sangat gembira dan itu pesan yang bagus,” tegas pria asal Prancis berusia 66 tahun yang beristrikan artis Holywood asal Malaysia, Michele Yeoh ini.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini