Share

"2 Kuda Mati, Balapan Rintang Harus Dihentikan"

Fitra Iskandar, Jurnalis · Selasa 10 April 2012 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 10 43 608818 yjaNk5l8Hv.jpg (foto: banjumpsracing.com)

ADELAIDE – Protes keras dilayangkan grup penyayang binatang menyikapi kematian dua ekor kuda yang digelar Oakbank Easter Carnival di Adelaide Hills, Australia. Mereka menyerukan agar event pacuan kuda halang rintang menjadi lomba yang dilarang.

Seperti dikutip Thewest, salah satu kuda kebiri yang berumur 10 tahun bernama Virvacity tewas setelah mengalami patah di bagian punggung akibat terjatuh. Sementara kuda lainnya, Art Success mengalami insiden pada Senin kemarin. Lembaga Koalisi Perlindungan Kuda Pacu itu semakin geram karena mengetahui di event sebelumnya pada Sabtu lalu, Art Success juga sudah sempat terjatuh.

Juru bicara lembaga penyayang binatang itu, Ward Young, mengatakan bahwa pengawas lomba melaporkan Art Success yang juga berumur 10 tahun mengalami patah pada panggul hingga akhirnya disuntik mati.

Menurut dia, kuda kebiri seharusnya tidak diikutkan dalam lomba yang mengharuskan kuda berlari sejauh 5 kilometer dengan 18 rintangan setelah dua hari sebelumnya mengikuti dua kali lomba.

“Kenapa kuda ini, yang performanya menyedihkan saat Sabtu, dipaksa untuk melakukan lomba dua hari setelahnya,” kata dia.

Young berharap agar lomba balap kuda dengan rintangan yang akan kembali digelar di Hamilton, Victoria 15 April mendatang, dilarang sebelum lebih banyak lagi kuda berakhir tragis karena terjatuh saat lomba.

“Dalam 12 lomba, kita mendapati tiga kuda terbunuh.Ini membuktikan bahwa lomba pacu rintangan adalah industri yang kejam,” ujar Young.

Young dan lembaganya tidak main-main. Dia mengaku akan meminta sponsor untuk menarik dukungan mereka dari Oakbank jika lomba pacu rintangan itu tidak dihentikan. Pasalnya, dari 11 kuda yang bertanding pada hari Senin juga bertarung pada hari Sabtu. Beruntung mereka tidak tersungkur saat balapan.

Anggota dewan legislatif Australia Selatan dari Partai Hijau Tammy Franks juga mengecam lomba pacuan kuda halang rintang itu.Untuk menghentikan lomba-lomba semacam itu, Tammy berencana mengambil langkah hukum.

Chairman Oakbank Racing Club,pengelola lomba pacuan kuda tahunan itu, John Glatz mengomentari kematian Virvacity sebagai sebuah insiden yang tidak diinginkan. Menurut dia, pihaknya sudah dirancang seaman mungkin, termasuk menggunakan rintangan dengan bahan yang lembut.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini