Share

Pirelli Pamerkan Ban F1 Musim 2012

Windi Wicaksono, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2012 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2012 01 25 37 563353 YyT5u44LU0.jpg Sebastian Vettel memeriksan ban Soft / Daylife

ROMA - Pirelli memamerkan berbagai ban baru mereka untuk dipakai oleh tim-tim yang berkiprah di balap Formula One musim 2012.

Menuju ke tahun kedua mereka sebagai pemasok ban tunggal untuk Formula One, produsen ban asal Italia telah membuat penyesuaian pada bentuk ban dalam rangka untuk mengkompensasi perubahan aerodinamis akibat pelarangan blown diffusers.  

Seperti dilansir PlanetF1, Rabu (25/1/2012), Pirelli hari ini telah menyatakan bahwa tujuan mereka untuk ban 2012 adalah untuk memastikan balapan menghibur dan tetap tak terduga. Karakteristik kunci dari ban baru Pirelli adalah profilnya yang persegi, grip meningkat, lebih lembut, kompon lebih kompetitif dengan degradasi yang konsisten.

 

Empat kompon yang berbeda akan diberikan sekali lagi, dengan, supersoft, soft, kompon medium dan keras. Dua ban untuk cuaca basah juga akan disediakan.

 

Tanda-tanda pada ban sekarang lebih besar, agar mereka dapat lebih dikenali. Ban baru untuk cuaca basah, keduanya full wets dan intermediates akan disebut sebagai 'Cinturato', nama yang sama dari ban Pirelli yang mengikuti balapan dan menang pada tahun 1950.

 

Penggunaan tanda perak untuk kompon ban keras dan tanda putih untuk kompon ban medium. Perubahan ini sendiri tak lain karena Pirelli sempat dikritik musim lalu dengan terlalu sulitnya untuk membedakan berbagai jenis ban.

 

Inilah warna untuk membedakan jenis ban yang dipakai Musim 2012:

 

Supersoft: Merah

Soft: Kuning

Medium: Putih

Hard: Perak

Intermediate: Hijau

Wet: Biru

 

(win)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini