nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atlet-Atlet Para Games Jalani Klasifikasi

Septyantoro Aji Nugroho, Jurnalis · Senin 12 Desember 2011 18:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 12 12 43 541416 JNyDlIO7dC.jpg (Foto: Septyantoro)

SOLO - Atlet peserta paragames yang digelar di kota Solo Jawa Tengah hari senin mulai jalani klasifikasi. Hal ini sengaja dilakukan panitia agar tidak terjadi ketimpangan kesubjektifan antar atlet cacat yang mengikuti perlombaan.

 

Hari senin panitia penyelenggara Asean Para Games (APG) VI/2011 Solo melakukan kualifikasi kecacatan atlet. Klasifikasi ini diikuti 11 negara peserta yang akan di buka 15 Desember mendatang oleh Wapres Boediono.

 

Dalam klasifikasi ini puluhan medikal doctor, fisioterapis dan tim medis khusus dilibatkan tujuannya menentukan nomor cabang yang akan diikuti sesuai klasifikasi kecacatan.

 

Selain atlet tuan rumah atlet beberapa Negara telah hadir seperti Brunai Darussalam dan Kamboja. Ttiba di Stadion Manahan Solo dengan menumpang bus atlet yang telah di sediakan mereka langsung menjalani uji klasifikasi atlet cacat.

 

Bebagai pemeriksaan fisik dilakukan tim klasifikasi setiap atlet yang akan bertanding. Seperti Mulyadi Atlet Indonesia yang akan maju di cabang tolak peluru, cakram dan lempar lembing.

 

Mulyadi sempat menjalani klasifikasi lebih dari satu jam, hal ini dikarenakan Mulyadi dinilai mendekati fisik normal, padahal kaki kanan Mulyadi mengecil dan tidak bisa ditekuk.

 

Kondisi ini sempat menyulitkan tim klasifikasi namun demikian mulyadi diperbolehkan ikut dalam kelas f44 dengan syarat saat akan pertandingan akan diperiksa lagi. Mulyadi mengaku optimis dalam Asean Para games ini Indonesia akan menjadi juara umum seperti Asean Games kemarin.

 

Dalam penyelenggaraan ASEAN Para Games 2011 ini panitia menerjunkan sekitar 1.400 relawan untuk membantu kelacaran pelaksanaan. Mereka terdiri dari 200 LOC serta 1.200 volunteer dan workforce relawan bertugas mendampingi kurang lebih 1.000 atlet serta 400 official dari 11 negara.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini