nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juara Umum Berkat Adu Domba

Deddy Pranata, Jurnalis · Rabu 23 November 2011 11:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2011 11 23 462 533058 UOgu3SiXkI.jpg Ilustrasi:Emas cabang renang.(foto:Okezone)

PALEMBANG - Keberhasilan Indonesia menjadi juara umum SEA Games XXVI merupakan bentuk keberhasilan seluruh komponen bangsa. Keberhasilan itu bukan hanya peran Atlet, Pelatih, Official akan tetapi seluruh lapisan masyarakat.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malarangeng, Keberhasilan Indonesia menggusur dominasi Thailand dan Vietnam juga berkat politik adu domba yang ia jalankan pada setiap induk cabang olahraga.

Ungkapan ini di sampaikan oleh mantan Jurubicara Presiden ini dalam sarapan pagi bersama seluruh mitra penyelenggaran SEA Games XXVI di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu, (23/11/2011). Menurut Andi taktik adu domba ia sampaikan setiap bertemu dengan atlet dan pengurus cabang olahraga di berbagai kesempatan.

Politik adu domba versi Menteri Andi berisikan pesan agar antarcabang olahraga dapat bersaing dan berlomba meraih mendali sebanyak mungkin. "Ini berkat adu domba. Saya kalau bertemu atlet catur saya bilang jangan mau kalah sama Atletik, atlet pencak silat saya katakan jangan mau kalah sama sepatu roda. Akhir semuanya tidak mau mengalah," kata Andi Malarangeng sembari tertawa.

SEA Games XXVI yang baru saja berlalu memastikan Indonesia dengan perolehan mendali terbanyak dengan mengoleksi 182 Emas, 153 Perak, 142 mendali Perunggu. Sangat berbeda jauh ketika SEA Games berlangsung dua tahun silam di Vientiene, Laos. Saat itu Indonesia hanya mampu berada di nomor urut tiga.

Sementara Itu, Rita Subowo, ketua KONI dan KOI mengatakan pelaksanaan SEA Games di Jakarta dan Palembang akan dijadikan bahan evaluasi bagi pembinaan atlet pada masa mendatang. Ia menilai keberhasilan menjadi juara umum membuktikan bila olahraga Indonesia mulai bangkit dari keterpurukan.

Rita juga mengingatkan, predikat sebagai juara umum hendaknya jangan membuat terlena melainkan harus berpacu dengan waktu untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. "Kita mulai bangkit. Kita akan kejar jajaran terbaik dunia," kata Rita Subowo di forum yang sama.

Dalam kesempatan sarapan pagi bersama yang baru saja usai digelar, pihak kementerian pemuda dan olahraga serta Inasoc memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai berjasa dalam pelaksanaan SEA Games. Mereka yang dinilai berjasa itu antara lain Garuda Indonesia, Bank Mandiri, Panasonic, LO, Volunteer, TNI Polri.(fit)

(mbs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini