Stoner Keluhkan Cuaca di Sesi Latihan Jumat

Achmad Firdaus, Jurnalis · Sabtu 05 November 2011 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2011 11 05 38 525258 4XiVhridst.jpg Foto: Casey Stoner di Valencia/Daylife

VALENCIA - Dua sesi free practice MotoGP Valencia, Jumat kemarin berlangsung dalam kondisi basah. Juara dunia musim ini Casey Stoner menyesalkan kondisi tersebut. Rider andalan Repsol Honda ini menilai tidak ada hal positif yang didapat dirinya dan tim dalam kondisi tersebut.

Sejatinya, sesi latihan bebas jelang balapan dimanfaatkan setiap tim untuk mencari settingan motor terbaik untuk balapan nantinya. Namun, jelang seri penutup di Valencia, Minggu (6/11/2011), besok, sesi latihan tidak berjalan dengan semestinya. Meski tetap digelar, namun dua sesi free practice digeber dalam kondisi hujan.

Honda turut merasakan kerugian yang disebabkan guyuran hujan yang membasahi sirkuit. Stoner yang sempat tampil sebagai yang tercepat pada sesi pertama, hanya mampu menempati urutan delapan pada sesi latihan kedua. Rekan setimnya, Dani Pedrosa juga tak jauh berbeda. Meski tampil di kampung halamannya, Pedritto hanya mampu mengamankan posisi sembilan.

Hasil terbaik justru ditorehkan Andrea Dovizioso yang mulai musim depan akan bergabung dengan Yamaha Tech3. Pembalap Italia menjadi yang terbaik di kubu Repsol Honda dengan menempati urutan enam. Rider Suzuki Alvaro Bautista membuat kejutan dengan menjadi yang tercepat pada sesi free practice II.

“Jujur, itu (Jumat) bukan haru yang menyenangkan. Kami tidak pernah mendapat feel yang bagus di sini saat kondisi (lintasan) basah. Saya senang melahap sirkuit ini dalam kondisi kering, tapi sepertinya ada semacam oli di beberapa bagian sirkuit. Saya tidak yakin apakah hal ini disebabkan oleh karet ban mobil, tapi, jujur ini membuatnya lebih sulit,” tutur Stoner dikutip Autosport, Sabtu (5/11/2011).

“Sepertinya sia-sia bagi kami untuk menemukan settingan yang bagus. Kedua sesi digelar dengan sedikit genangan air di lintasan namun menjadi kering di akhir sesi. Dalam kondisi seperti ini, tak ada banyak hal yang bisa kami lakukan untuk mengejar settingan motor yang bagus,” sambungnya.

“Kami sudah mencoba melakukan beberapa perubahan kecil untuk membuat performa motor sedikit lebih baik di cuaca basah. Namun, saat lintasan berubah kering, kami merasa semua yang telah kami lakukan jadi sia-sia (karena telah menyiapkan settingan basah),” imbuh pembalap asal Australia ini.

Dengan pengalaman ini, Stoner berharap pada sesi latihan terakhir dan kualifikasi, hari ini-red, cuaca bakal lebih bersahabat. Dia berharap kondisi cuaca konsisten.

“Kita lihat saja cuaca besok. Jika hujan lagi, saya berharap hujan terus mengguyur sepanjang sesi, jadi kami bisa menyesuaikan settingan,” pungkasnya.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini