Honda Beruntung Gandeng Repsol sebagai Sponsor

Rejdo Prahananda, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2011 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 23 38 495234 bFOV9cvQLP.jpg Foto: Honda Repsol RC213V 1.000cc (Getty Images)

SAITAMA – Wakil Presiden Honda Racing Team, Shuhei Nakamoto merasakan betul profit kemitraan yang terjalin antara Honda dan produsen pelumas dan bahan bakar asal Spanyol, Repsol. Ini membuat tim berlogo sayap kepak itu bisa berhemat alokasi banyak biaya, terutama pengeluaran bahan bakar dan pelumas.

Perlu di ketahui, Honda dan Repsol telah menjalin patner bisnis di kancah motorsport sejak 1995 silam. Cukup lama bukan? Karenanya, Nakamoto mengaku beruntung Honda bisa menggandeng Repsol sebagai sponsor utama mereka lebih dari sepuluh tahun.

“Berkat suplai bahan bakar dari partner kami, Repsol, konsumsi telah berkurang, mesin kami sangat irit yang disebabkan karena bahan bakar,” terang Nakamoto di Crash, Selasa (23/8/2011).

Bukan hanya soal reduksi dan penghematan biaya bahan bakar saja yang dirasakan betul manfaatnya oleh Honda, tim pabrikan asal Jepang tersebut dan Repsol pun terlibat dalam riset penelitian untuk membangun mesin MotoGP di Mostoles. Tujuannya, saling bertukar ilmu mengembangkan dapur pacu yang kompetitif.

“Kami bekerja dengan sangat dekat dengan mitra kami, faktanya kami juga melakukan tes mesin MotoGP di Pusat penelitian Terknologi Repsol di Mostoles. Engineer kami berkunjung ke Madrid secara regular untuk berkolaborasi. Sebaliknya, mereka juga mengunjungi kantor pusat kami di Saitama,” jelas Nakamoto.

Nakamoto melanjutkan diskusi tentang bidang utama kinerja mesin dan bahan bakar saling bersinergi. Bisa ditebak arah pembicaraan Nakamoto dan Repsol, yaitu mencari solusi terbaik guna mereduksi BBM mengacu regulasi musim 2012 mendatang, di mana motor 1.000cc yang mereka gunakan hanya boleh memuat 21 liter bahan bakar nantinya.

“Ada dua aspek penting menyangkut bahan bakar. Pertama adalah, bahan bakar yang baik harus menawarkan perbaikan yang signifikan untuk merespon settingan mesin, yang membuat kurva tenaga lebih efektif,” jelas Nakamoto.

Masih dalam kesempatan yang sama, Nakamoto pun mengurai aspek-aspek penting peningkatan kerja sama antara Honda dan Repsol guna mempersiapkan musim depan. “Poin kedua, pengurangan konsumsi bahan bakar, sementara kami harus menjagatingkat kinerja mesin yang sama."

"Satu tantangan untuk bahan bakar dan pelumas balap adalah menjaga kesiapan mesin dalam kondisi sempurna untuk jumlah maksimum yang mungkin dari jarak tempuh sehingga meningkatkan daya tahannya," pungkasnya.

(edo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini