Definisi Lockout NBA Part 1

Kamis 18 Agustus 2011 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 18 36 493516 Fbj5FfR8lD.jpg Foto: Penulis Artikel Nelson Gautama

JAKARTA - Banyak orang yang bingung dengan definisi NBA lockout 2011. NBA sedang berada dalam posisi lockout [larangan bekerja/bermain] di offseason tahun 2011 sejak tanggal 1 July 2011. Tepatnya, setelah kontrak collective bargaining agreement [CBA] antara asosiasi pemain dan pemilik tim NBA pada periode sebelumnya berakhir dan tidak terjadi kesepakatan antara kedua pihak untuk CBA yang baru.

Menurut www.businessdictionary.com, Kamis (18/8/2011), CBA memiliki definisi sebagai kontrak legal antara sebuah manajemen organisasi dan para karyawannya yang direpresentasikan oleh suatu serikat/asosiasi dalam jangka waktu tertentu.

Kontrak tersebut membicarakan perihal kondisi pekerjaan [gaji, jumlah jam kerja, pembagian bonus, dll] dan cara-cara untuk menyelesaikan perselisihan yang mungkin terjadi.

Para owner/pemilik tim NBA [yang tergabung oleh satu serikat dan diwakili oleh David Stern] dan serikat para pemain [yang diwakili oleh Billy Hunter sebagai direktur eksekutif] sudah melakukan negosiasi untuk membuat collective bargaining agreement yang baru.

Namun syarat-syarat yang diminta kedua belah pihak masih jauh dari titik temu, yang akhirnya menyebabkan para pemilik tim NBA melakukan lockout terhadap para pemainnya pada tanggal 1 July 2011.

NBA lockout yang terjadi di offseason tahun 2011 ini, merupakan lockout ketiga sepanjang sejarah NBA. Lockout terakhir terjadi di musim 1998-1999, dimana liga NBA hanya berjalan setengah musim dari akhir bulan Januari tahun 1999 [total 50 games di regular season].

Beberapa proposal/permintaan dari asosiasi pemilik tim NBA dalam CBA yang baru:

• Hard salary cap: Asosiasi pemilik tim NBA mengajukan keinginan untuk membuat sistem hard salary cap, yang artinya mengeliminasi berbagai macam exceptions [pengecualian] dalam struktur soft salary cap yang dianut di CBA terakhir, seperti "Larry Bird" exception dan the midlevel exception.

Mereka mengatakan bahwa aturan exceptions tersebutlah yang menyebabkan mereka menggaji pemain terlalu tinggi, sehingga tim merugi karena pengeluaran yang terlalu besar. Total gaji pemain sendiri telah naik 16% dalam enam tahun terakhir.

Salary cap sendiri adalah aturan yang mengatur batasan total gaji pemain yang diperbolehkan oleh sebuah tim di NBA. Dengan sistem soft salary cap, tim boleh melewati batasan yang telah ditentukan dengan memakai exceptions.

Apabila total gaji tim melewati salary cap/batasan total gaji yang sudah ditentukan musim itu, maka tim tersebut akan dikenakan denda [luxury tax] $1 untuk setiap kelebihan $1.

Contoh: apabila salary cap musim NBA 2010-2011 adalah $60 juta, dan total gaji Lakers adalah $70 juta [lebih $10 juta dari salary cap], maka Lakers harus membayar total $80 juta kepada NBA. Walaupun ada denda luxury tax, pada kenyataannya, hampir semua tim-tim di NBA rela membayar denda karena melewati salary cap yang sudah ditentukan.

Dalam aturan hard salary cap, total gaji pemain tidak boleh melewati angka yang sudah ditentukan.

• Garansi gaji pemain $2 miliar per tahun: Asosiasi pemilik tim NBA mengatakan bahwa sebagian besar tim [22 dari 30 tim] di NBA merugi [kurang lebih $300 juta per tahun], jadi asosiasi pemilik tim NBA tentunya ingin CBA yang baru membuat bisnis memiliki tim NBA menjadi menguntungkan.

Owner mengajukan garansi gaji pemain sebesar $2 miliar per tahun [turun dari $2.17 miliar] dengan kurun waktu kontrak CBA 10 tahun [pemain hanya menginginkan 5-6 tahun].

Owner sendiri menginginkan persentase yang didapat pemain dari BRI turun ke 40% [di CBA terakhir, pemain mendapatkan 57% dari BRI dan owner mendapatkan 43% dari BRI].

Asosiasi pemilik tim NBA menginginkan adanya kepastian biaya di CBA yang baru dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Sementara asosiasi pemain ingin untuk melindungi jumlah persentase yang didapat dari basketball-related income [BRI] yang diperoleh liga dengan kurun waktu CBA yang lebih pendek [dari 10 tahun].

Neilson Gautama

NBA Presenter

Follow my twitter at: http://twitter.com/neilsongautama

Join group NBA Indonesia on facebook: http://www.facebook.com/group.php?gid=58998467527

MyFansClub: http://www.facebook.com/pages/Neilson-Gautama-Fans-Club/134018783329305

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini